RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 004 Petapahan
Kelas / semester : II / II
Tema : Budi Pekerti
Alokasi Waktu / Pertemuan : 3 Minggu
A.
Standar Kompetensi
Matematika
6. Mengenal
bangun datar sederhana
Bahasa Indonesia
Mendengarkan :
5. Memahami wacana lisan tentang
deskripsi benda-benda disekitar dan dongeng
Berbicara:
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
Membaca:
7. Memahami teks pendek dengan
membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis:
8. Menulis permulaan dengan huruf
tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin
Ilmu Pengetahuan Sosial
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5. Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
Pendidikan Kewarganegaraan
4.
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
Seni Budaya dan Keterampilan
7. Mengekspresikan karya seni rupa
B.
Kompetensi Dasar
Matematika
6.1 Mengenal segitiga, segiempat dan lingkaran
Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
5.1. Menyebutkan isi dongeng
Berbicara:
6.1 Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca:
7.1 Menjelaskan isi gambar tunggal
atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
Menulis:
8.1 Menulias kalimat sederhana yang
di diktekan guru dengan huruf tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan prilaku dalam menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3 Membedakan
pengaruh musim kemarau dengan musim
hujan terhadap kegiatan manusia
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2
Melaksanakan aturan yang
berlaku di masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
C.
Indikator
1.
Kognitif
Matematika : 6.1.1 menyebutkan ciri-ciri segitiga
6.1.2 menyebutkan ciri-ciri segiempat
6.1.3 menyebutkan ciri-ciri lingkaran
6.1.4 menunjukkan benda-benda yang berbentuk segitiga
6.1.5 menunjukkan bebda-benda yang berbentuk segiempat
6.1.6 menunjukkan benda-benda yang berbentuk lingkaran
Bahasa Indonesia : 5.2.1 Menyebutkan tokoh
dalam dongeng
6.1.1 Menyebutkan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa
yang mudah dimengerti.
7.1.1 Membaca teks pendek dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
8.1.2 Menuliskan kalimat yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial : 2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak
menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam : 5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang
banyak dikonsumsi pada musim hujan
dan musim kemarau
5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang dapat
mengatasi musim
hujan dan musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.1 Menyebutkan
manfaat mentaati peraturan yang berlaku dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan
Keterampilan:7.1.1Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan
musik.
2.
Afektif
Matematika : 6.1.7 Mengelompokkan benda-benda yang
berbentuk segitiga
6.1.8 Mengelompokkan benda-benda yang
berbentuk segiempat
6.1.9 Mengelompokkan benda-benda yang
berbentuk lingkaran
Bahasa Indonesia : 5.2.2. Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh
dalam dongeng.
5.2.3 Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
6.1.2 Bertanya jawab dengan teman tentang
gambar – gambar tersebut.
7.1.2 Membaca dengan memberikan penekanan
pada kata tertentu sesuai
dengan konteksnya.
8.1.3 Mengubah kalimat huruf lepas ketulisan
tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial : 2.3.2 Menjelaskan manfaat menjaga
kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam : 5.3.3 Membandingkan ciri-ciri musim
hujan pada lahan dan kegiatan
manusia
5.3.4 Membandingkan ciri-ciri musim kemarau
pada lahan dan kegiatan
manusia
Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.2 Menjelaskan akibat tidak patuh pada
peraturan dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan:7 .1.2
Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan
/ hitungan
3.
Psikomotor
Matematika : 6.1.10 Menjiplak berbagai bentuk
segitiga
6.1.11 Menjiplak berbagai bentuk segiempat
6.1.12 Menjiplak berbagai bentuk lingkaran
Bahasa Indonesia : 5.2.4 Menceritakan kembali
isi dongeng dengan kalimat sendiri
6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar
secara lisan.
7.1.3 Mendemonstrasikan kalimat yang dibaca
dengan intonasi yang tepat
8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak bersambung
dengan benar dan teliti
Ilmu Pengetahuan Sosial : 2.3.3 Menceritakan bagaimana cara
menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam : 5.3.5 Menceritakan pakaian yang
sesuai pada musim hujan
5.3.5 menceritakan pakaian yang sesuai pada
musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.3 Mengikuti
aturan yang ada dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampila : 7.1.3
Memperagakan tarian pendek secara kelompok
PPBKB :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu,
Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Matematika
6.1.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri segitiga dengan benar
6.1.2.2 Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri segiempat dengan benar
6.1.3.3 Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri lingkaran dengan benar
6.1.4.4 Melalui pengamatan siswa
dapat menunjukkan benda-benda yang berbentuk segitiga dengan benar
6.1.5.5 Melalui pengamatan siswa
dapat menunjukkan bebda-benda yang berbentuk segiempat dengan benar
6.1.6.6 Melalui pengamatan siswa
dapat menunjukkan benda-benda yang berbentuk lingkaran dengan benar
Bahasa Indonesia
5.2.1.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng dengan benar
6.1.1.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat menyebutkan isi gambar tunggal
atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
7.1.1.1 Melalui membaca buku sumber
belajar siswa dapat membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
8.1.1.1 Melalui pengamatan siswa
dapat menuliskan kalimat
secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung
8.1.2.2
Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3.1.1 Melalui pengamatan siswa
dapat menyebutkan 3 akibat dari tidak menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3.1.1 Melalui mengamati video siswa
dapat mennyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada musim hujan dan
musim kemarau
5.3.2.2 Melalui mengamti video siswa
dapat menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi musim hujan dan musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2.1.1 Melalui tanya jawab siswa
dapat menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7.1.1.1 Melalui kegiatan tampil siswa
dapat menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
2.
Afektif
Matematika
6.1.7.1 Melalui pengamatan siswa
dapat mengelompokkan benda-benda yang berbentuk segitiga dengan benar
6.1.8.1Melalui pngamatan siswa dapat
melompokkan benda-benda yang berbentuk segiempat dengan benar
6.1.9.1 Melalui pengamatn siswa dapat
mengelompokkan benda-benda yang berbentuk lingkaran dengan benar
Bahasa Indonesia
5.2.2.1 Melalui mengamati video siswa
dapat menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng dengan tepat
5.2.3.1 Melalui mengamati video siswa
dapat menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng dengan
sesuai
6.1.2.1 Melalui diskusi siswa dapat bertanya
jawab dengan teman tentang gambar- gambar tersebut dengan tepat
7.1.2.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan
konteksnya dengan tepat
8.1.3.1 Melalui pengamatan siswa
dapat mengubah kalimat huruf lepas ketulisan tegak bersambung dengan tepat
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3.2.1
Melalui mengamati video siswa
dapat menjelaskan 3 manfaat menjaga kebersihan rumah
2.3.2.2
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3.3.1 Melalui mengamati video siswa
dapat membandingkan ciri-ciri musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia
5.3.4.1 Melalui mengamati video siswa
dapat mmbandingkan ciri-ciri musim kemarau pada lahan dan kegiatan manusia
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2.2.1 Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7 .1.2.1 Melalui tampil didepan kelas
siswa dapat melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
3.
Psikomotor
Matematika
6.1.10.1 Melalui percobaan siswa
dapat menjiplak berbagai bentuk segitiga dengan benar
6.1.11.1 Melalui percobaan siswa
dapat menjiplak berbagai bentuk segiempat
6.1.12.1 Melalui percobaan siswa
dapat mnjiplak berbagai bentuk lingkaran
Bahasa Indonesia
5.2.4.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
6.1.3.1 Melalui pengamatan siswa
dapat membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa
dapat mendemonstrasikan kalimat yang dibaca dengan intonasi yang tepat
8.1.4.1 Melalui percobaan siswa dapat
mengoreksi tulisan tegak bersambung dengan benar dan teliti
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3.3.1 Melalui menagamati video
siswa dapat menceritakan bagaimana cara menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3.5.1 Melalui mengamati video siswa
dapat menceritakan pakaian yang sesuai pada musim hujan
5.3.5.2 Melalui mengamati video siswa
dapat menceritakan pakaian yang sesuai pada musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2.3.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat ngikuti
aturan yang ada dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa
dapat memperagakan tarian pendek secara kelompok
E. Materi Ajar ( materi pokok
)
1.
Aturan yang berlaku di
masyarakat
2.
Menjaga kebersihan rumah.
3.
Pengaruh musim pada kegiatan
manusia.
4.
Mengenal bangun datar.
5.
Memerankan tokoh dongeng
6.
Membuat kalimat berdasarkan
gambar.
7.
Percakapan.
8.
Menyatakan suka atau tidak suka
disertai alasan.
9.
Membaca lancar
10.
Menulis huruf tegak bersambung.
11.
Unsur gerak tari.
12.
Keragaman unsur gerak tari.
F. Metoda Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Demonstrasi
5.
Pemberian tugas
G. Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan (± 10 Menit)
a.
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaranMenyiapkan alat dan media pembelajaran
b. Mengkondisikan siswa untuk belajar
c. Berdoa
d. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai silabus
f. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
a.
Memperhatikan gambar yang
menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
b.
Menyimak penjelasan guru
tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
c.
Menjelaskan pengaruh musim pada
kehidupan manusia.
d.
Memperhatikan model / gambar
macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
e.
Menunjukkan jenis-jenis pakaian
yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
f.
Melalui cerita dan pengalaman
siswa menceritakan tentang salah satu
peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
Elaborasi
a.
Siswa menceritakan perasaannya
ketika menjalankan peraturan tersebut.
b.
Menuliskan contoh-contoh
peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
c.
Mengamati model yang termasuk bangun datar.
d.
Mengenalkan bangun datar
segitiga dan bukan segitiga.
e.
Mengelompokkan model yang
termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
f.
Menjiplak bangun datar segitiga
pada buku yang telah disediakan.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
b.
Guru bersama siswa melakukan tanya
jawab dalam meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa menyimak dongeng yang
dibacakan guru dengan tema sopan santun.
b.
Siswa dapat menyebutkan tokoh
dalam dongeng.
Elaborasi
a.
Siswa mengelompokkan sifat dan
perilaku tokoh dalam dongeng.
b.
Siswa memperagakan tingkah laku
tokoh dalam dongeng yang disukai.
c.
Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan rumah.
d.
Siswa menyebutkan bagian–bagian
dalam rumah yang harus sering
dibersihkan.
e.
Siswa menyebutkan alat yang
digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
f.
Siswa mengamati gambar –gambar
yang termasuk bangun datar.
g.
Mengenalkan bangun datar
segiempat dan bukan segi empat.
h.
Menunjukkan bangun datar
segiempat dan bukan segiempat.
i.
Menjiplak bangun datar
segiempat pada buku yang telah disediakan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia,
Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa menyebutkan makanan yang dikonsumsi pada musim hujan.
b.
Siswa menceritakan rasa makanan
tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
c.
Siswa menuliskan contoh-contoh
makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
d.
Siswa mendengarkan dongeng
untuk mengingatkan kembali tokoh dan
jalan ceritanya.
Elaborasi
a.
Melalui tanya jawab, siswa
menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
b.
Siswa melakukan tanya jawab
tentang isi cerita dalam dongeng.
c.
Siswa menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
d.
Siswa mengamati gambar –gambar
yang temasuk bangun datar lingkaran.
e.
Guru mengenalkan bangun datar
lingkaran dan bukan lingkaran.
f.
Guru menunjukkan bangun datar
lingkaran dan bukan lingkaran.
g.
Siswa membuat/menjiplak dari
gambar lingkaran pada buku.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.
(B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui contoh yang disampaikan
guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
b.
Siswa bisa mengucapkan kalimat
permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
c.
Siswa menceritakan dengan kalimat sendiri.
d.
Siswa mengamati gambar –gambar
yang temasuk bangun datar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
Guru memeragakan
pengucapan kalimat permohonan ijin di
depan kelas.
b.
Siswa mendengarkan kembali isi
dongeng untuk mengingatkan kembali.
c.
Siswa melakukan tanya jawab
tentang isi dongeng tersebut.
d.
Siswa mengelompokkan bangun
datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
e.
Siswa mewarnai tiap kelompok
bangun datar dengan warna yang berbeda.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika,
B.Indonesia)
Eksplorasi
a.
Melalui contoh yang disampaikan
guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
b.
Siswa mengamati gambar yang diperlihatkan guru.
Elaborasi
a.
Siswa mengucapkan kalimat permohonan
ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
b.
Siswa mengucapkan kalimat
permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
c.
Siswa memeragakan
pengucapan kalimat permohonan ijin di
depan kelas
d.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
e.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
f.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
g.
Siswa membuat kalimat
sederhana yang tepat untuk setiap
gambar.
h.
Siswa mengucapkan kalimat
dengan intonasi dan lafal yang baik.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia, IPS)
Eksplorasi
a.
Siswa memperhatikan guru cara
melakukan percakapan yang benar dengan
memperhatikan teks percakapan sederhana.
Elaborasi
a.
Siswa melakukan gerakan tari
sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
b.
Siswa melakukan gerakan tari
yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
c.
Siswa menari sesuai dengan
tepuk dan irama.
d.
Siswa merlatih melafalkan teks
percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
e.
Siswa mengucapkan kalimat
percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
f.
Siswa melakukan pembagian peran
untuk memeragakan percakapan tersebut.
g.
Siswa melakukan percakapan di
depan kelas dengan teman.
h.
Siswa menjawab pertanyaan
tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
i.
Siswa memberikan tanggapan
positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
j.
Siswa melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan rumah.
k.
Siswa menyebutkan bagian
–bagian dalam rumah yang harus sering
dibersihkan.
l.
Siswa menyebutkan alat yang
digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
m.
Siswa menggambar peralatan
kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar
tugas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
a.
Melalui penjelasan guru, siswa
menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
Elaborasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup
manusia.
b.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja
Siswa secar kelompok.
c.
Siswa melaporkan hasil diskusi.
d.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
e.
Siswa menyebutkan Manfaat patuh
terhadap peraturan di rumah.
f.
Siswa menyebutkan manfaat patuh
terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
g.
Siswa mencatat beberapa manfaat
dari mematuhi peraturan.
h.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
i.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
j.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa memperhatikan cara
melakukan percakapan yang benar dengan
memperhatikan teks percakapan sederhana.
Elaborasi
a.
Siswa berlatih melafalkan teks
percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
b.
Siswa mengucapkan kalimat
percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
c.
Siswa melakukan pembagian peran
untuk memeragakan percakapan tersebut.
d.
Siswa melakukan percakapan di
depan kelas dengan teman.
e.
Siswa menjawab pertanyaan
tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
f.
Siswa memberikan tanggapan positif
bagi siswa lain yang melakukan percakapan dengan baik.
g.
Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan di dalam rumah dan
halaman rumah.
h.
Siswa menyebutkan bagian
–bagian luar rumah yang harus sering
dibersihkan.
i.
Siswa menyebutkan alat yang
digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
j.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
k.
Mencari contoh-contoh benda
yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang
ada di lingkungan siswa
l.
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
m.
Siswa menyebutkan jumlah sisi
pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia,
Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui pengamatan pada model
siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
Elaborasi
a.
Siswa bisa membandingkan
kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim
kemarau.
b.
Menuliskan kegiatan siswa pada
musim hujan dan kemarau.
c.
Melalui cerita guru, siswa
termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
d.
Siswa dapat menyampaikan secara
lisan alasan benda tersebut disukai.
e.
Guru bertanya jawab tentang
kesukaan yang diminati siswa.
f.
Guru menuliskan tentang kesukaan yang diminati
siswa.
g.
Siswa menyatakan kalimat suka
atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
h.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
i.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
j.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
k.
Siswa menyebutkan jumlah sisi
pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35
menit. (
B Indonesia, Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui contoh yang disampaikan
guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
Elaborasi
a.
Melalui cerita guru, siswa
termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
b.
Siswa menyampaikan secara lisan
alasan benda tersebut tidak disukai.
c.
Bertanya jawab tentang benda /
kegiatan yang tidak disukai.
d.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
e.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
f.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
g.
Siswa dapat menyebutkan jumlah
sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
Eksplorasi
a.
Guru melakukan permainan untuk
melatih kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga,
segiempat dan lingkaran.
b.
Siswa membuat gambar bangun
datar segitiga berbagai ukuran dengan bentuk yang benar.
Elaborasi
a.
Guru memberi warna atau
tempelan kertas warna yang menarik.
b.
Guru memajang hasil karya di
depan kelas.
c.
Guru memberikan tanggapan
positif terhadap karya siswa lain.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
Eksplorasi
a.
Guru memberikan tanggapan
positif terhadap penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
b.
Siswa mendengarkan sebuah dongeng yang
dibacakan guru.
Elaborasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
b.
Siswa menyebutkan jenis
penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
c.
Siswa menuliskan nama-nama penyakit
yang dapat menyerang karena lingkungan rumah yang tidak bersih.
d.
Menciptakan gerakan tarian
secara perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
e.
Siswa menampilkan gerakan
tarian pendek secara perorangan.
d.
Siswa menyebutkan nama
tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
e.
Guru melakukan pembagian peran
untuk tiap kelompok.
f.
Siswa bermain peran dengan
percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
g.
Siswa menampilkan cerita
dongeng dengan peran masing-masing.
h.
Guru memberikan tanggapan
positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
a.
Siswa mengumpulkan informasi
dari koran tentang bencana yang ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.
Elaborasi
a.
Siswa menyebutkan peristiwa
yang terjadi akibat dari musim hujan dan musim kemarau.
b.
Siswa menyebutkan usaha
/kegiatan yang dapat mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim
hujan atau musim kemarau.
c.
Melalui tanya jawab, siswa
menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
d.
Siswa menyebutkan akibat tidak
patuh pada pereturan di rumah.
e.
Siswa menyebutkan akibat tidak
patuh pada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
f.
Siswa mengerjakan tugas/
mengisi latihan soal.
g.
Siswa menyelidiki berbagai
bangun datar dengan cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
h.
Siswa membuat jiplakan pada
garis putus-putus, kemudian menghubungkannya agar membentuk bangun datar.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa memperhatikan tek/wacana
yang telah disediakan.
b.
Siswa membaca wacana tersebut
dengan suara nyaring
c.
Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui tempat
d.
Guru menjelaskan bahwa tanda
titik biasa dipakai pada kalimat berita
Elaborasi
a.
Guru memperagakan tanda jeda
panjang dan pendek
b.
Siswa membacakan sebuah teks dengan memperhatikan
tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
c.
Menggunkan tanda baca titik,
tanda tanya, pada kalimat sederhana
d.
Guru menerangkan bahwa tanda
tanya biasa disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
e.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
f.
Siswa dapat menyebutkan jenis
penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
g.
Siswa dapat menuliskan
nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak
bersih.
h.
Siswa dapat menarik garis mulai
dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
i.
Siswa dapat membuat gambar
segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
j.
Siswa dapat memberi warna yang
menarik.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia,
Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada
musim kemarau dan pada musim hujuan.
Elaborasi
a.
Mengerjakan Lembar Kerja Siswa
secara berkelompok.
b.
Siswa dapat melaporkan hasil
diskusi.
c.
Siswa dapat memperhatikan teks
penggalam cerita yang telah tersedia.
d.
Siswa dapat membaca teks
penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
e.
Siswa dapat membaca penggalan
cerita dengan memperhatikan intonasi dan
pelafalan dengan benar.
f.
Siswa dapat membaca penggalan
cerita secara klasikal, kelompok, maupun
individual
g.
Memperhatikan berbagai bentuk
bangun datar yang diperlihatkan guru.
h.
Siswa dapat menyebutkan
kelompok bangun datar yang termasuk segitiga
i.
Siswa dapat menuliskan kelompok
bangun datar yang termasuk segiempat.
i.
Mengerjakan Lembar kerja Siswa
secara individual.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35
menit. (B. Indonesia, Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )
Elaborasi
a.
Siswa dapat mencari arti
kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
b.
Siswa dapat membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang
tepat.
c.
Siswa dapat membuat gambar
segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
d.
Siswa dapat menarik garis mulai
dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar menggunakan penggaris.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
Eksplorasi
a.
Siswa dapat memperhatikan
beberapa kalimat yang disediakan guru pada
papan tulis
b.
Siswa dapat mewarnai gambar
bangun datar yang termasuk segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna
biru, dan lingkaran dengan warna kuning.
Elaborasi
a.
Menyusun dan menggabungkan
beberapa bangun datar menjadi sebuah bentuk binatang atau benda lain.
b.
Siswa dapat menuliskan dengan
cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan
tegak bersambung .
c.
Melalui bimbingan guru, siswa
berlatih menulis tegak bersambung yang
benar dengan memperhatikan huruf kapital
yang tepat.
d.
Siswa dapat menuliskan seluruh
kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
e.
Siswa dapat berlatih dengan
bimbingan guru menulis huruf lepas
dengan bentuk huruf yang benar.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35
menit (IPS, Seni Budaya dan
Keterampilan, Bahasa Indonesia)
Eksplorasi
a.
Siswa dapat menyimak kalimat yang didiktekan guru
Elaborasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar rumah.
b.
Siswa dapat menyebutkan jenis
penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan rumah.
c.
Siswa dapat menuliskan
nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak
bersih.
d.
Siswa dapat memeragakan gerakan
tarian karya sendiri ( kelompok) di depan kelompok lain.
e.
Siswa dapat memperagakan suatu
tarian yang sudah dipelajari secara
berkelompok.
f.
Siswa dapat menampilkan tarian
diiringi musik atau nyanyian.
g.
Siswa dapat menuliskan kalimat
yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan
penggunaan huruf besar dan tanda baca.
h.
Siswa dapat membaca tulisan
sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika
ada kesalahan.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a. Siswa bersama guru menyimpulkan materi
yang telah diajarkan
b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
c. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
d.
Siswa mengerjakan post tes
e.
Pemberian PR / tugas
H. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber:
1.
Buku Pengetahuan sosial SD
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
2.
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit
Buku ajar siswa yang relevan
3.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
4.
Buku Pelajaran Matematika SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
5.
Buku Bina Bahasa Idonesia dan
Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
6.
Buku Saya Ingin Terampil dan
Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
7.
Buku Sekolah Elektronik yang
relevan
Alat Peraga :
1.
Gambar rumah sehat dan tidak
sehat.
2.
Gambar bangun datar
3.
Guntingan karton yang berbentuk
segitga, segiempat, lingkaran.
4.
Gambar peristiwa banjir dan
kekeringan
I.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||
Disiplin,
Kerja
keras
Kreatif,
Demokratif
Rasa Ingin
tahu,
Cinta
tanah air,
Bersahabat,
Menghargai
prestasi,
Gemar
membaca,
Peduli lingkungan,
Peduli sosial,
Tanggung jawab.
|
1. IPS :
2.3.2
Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2. IPA :
5.3.4 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas
dan musim hujan.
5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang
banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
5.3.3Membandingkan cirri-ciri musim
kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang
dapat mengatasi masalah
pada musim hujan dan musim kemarau..
3. PKn :
4.2.1
Menyebutkan manfaat mentaati peraturan
yang berlaku di masyarakat
4.2.2
Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4. Matematika :
6.1.4
Menunjukkan benda-benda yang
secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
6.1.1
Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari
banyak sisinya.
6.1.3
Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
6.1.2
Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran,
menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5. Bahasa Indonesia :
5.2.1 Menyebutkan tokoh dalam
dongeng
6.1.1 Menyebutkan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
7.1.1 Membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf tegakbersambung
8.1.2Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
5.2.4 Menceritakan kembali isi
dongeng dengan kalimat sendiri
6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar
secara lisan.
7.1.3Mendemonstrasikan kalimat yang
dibaca dengan intonasi yang tepat
8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak
bersambung dengan benar dan teliti
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
7.1.1 Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari
dengan iringan musik.
7.1.2 Melakukan gerakan tari
dengan iringan tepukan / hitungan
7.1.3 Melakukan gerakan tari
dengan musik/nyanyian.
Melakukan tarian pendek secara
perorangan.
7.1.4 Memperagakan tarian pendek secara kelompok
|
Tes Lisan dan Tes Tulisan
|
Uraian
Isian
|
1.
IPS :
a.
Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah !
b.
Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan!
2.
IPA:
a.
Ceritakan
pakaian yang
sesuai pada musim panas dan musim hujan!
b.
Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan
maupun musim kemarau!
c.
Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan
kegiatan manusia!
d.
Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau!
3.
PKN
a.
Sebutkan manfaat mentaati peraturan
yang berlaku di masyarakat!
b.
Jelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4.
Matematika:
a.
Tunjukkan benda-benda yang
secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran!
b.
Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari
banyak sisinya!
c.
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan
lingkaran!
d.
Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut
bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya!
5.
Bahasa Indonesia:
a.
Sebutkan tokoh dalam dongeng!
b.
Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng!
c.
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah ......
d.
Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri!
e.
Buatkanlah kalimat berdasarkan
gambar secara lisan!
f.
Lakukanlah
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
teman dengan bimbingan guru!
g.
Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka
pada benda atau suatu kegiatan!
h.
Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak
disukai.......
i.
Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang
dibawakannya!
j.
Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat!
k.
Bacakanlah dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang!
l.
Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar!
m.
Bacakanlah denag memberikan penekanan pada
kata tertentu sesuai dengan konteksnya!
n.
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas
terlebih dahulu!
o.
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf
tegak bersambung!
p.
Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6. Seni Budaya dan
Keterampilan:
a.
Tunjukkan
kesesuaian
gerak antar sesama penari dengan iringan musik!
b.
Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan!
c.
Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian!
d.
Lakukanlah tarian pendek secara peroranga!
e.
Peragakanlah tarian
pendek secara kelompok!
f.
LKS
g.
Lmbar observasi.
|
J.
Kriteria Penilaian
1.
Produk ( Hasil Diskusi )
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
a. semua benar
b. sebagian besar benar
c. sebagian kecil benar
d. semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
|
Kerjasama
Partisipasi
|
a.
bekerjasama
b.
kadang-kadang kerjasama
c.
tidak bekerjasama
a.
aktif berpartisipas
b.
kadang-kadang aktif
c.
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlag Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
partisipasi
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 004 Petapahan
Kelas / semester : II / II
Tema : Budi Pekerti
Alokasi Waktu / Pertemuan : 3 Minggu
A.
Standar Kompetensi
Matematika
6. Mengenal
bangun datar sederhana
Bahasa Indonesia
Mendengarkan :
5. Memahami wacana lisan tentang
deskripsi benda-benda disekitar dan dongeng
Berbicara:
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
Membaca:
7. Memahami teks pendek dengan
membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis:
8. Menulis permulaan dengan huruf
tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin
Ilmu Pengetahuan Sosial
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5. Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
Pendidikan Kewarganegaraan
4.
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
Seni Budaya dan Keterampilan
7. Mengekspresikan karya seni rupa
B.
Kompetensi Dasar
Matematika
6.1 Mengenal segitiga, segiempat dan lingkaran
Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
5.1. Menyebutkan isi dongeng
Berbicara:
6.1 Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca:
7.1 Menjelaskan isi gambar tunggal
atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
Menulis:
8.1 Menulias kalimat sederhana yang
di diktekan guru dengan huruf tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan prilaku dalam menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3 Membedakan
pengaruh musim kemarau dengan musim
hujan terhadap kegiatan manusia
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2
Melaksanakan aturan yang
berlaku di masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
C.
Indikator
1.
Kognitif
Matematika : 6.1.1 menyebutkan ciri-ciri segitiga
6.1.2 menyebutkan ciri-ciri segiempat
6.1.3 menyebutkan ciri-ciri lingkaran
6.1.4 menunjukkan benda-benda yang berbentuk segitiga
6.1.5 menunjukkan bebda-benda yang berbentuk segiempat
6.1.6 menunjukkan benda-benda yang berbentuk lingkaran
Bahasa Indonesia : 5.2.1 Menyebutkan tokoh
dalam dongeng
6.1.1 Menyebutkan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa
yang mudah dimengerti.
7.1.1 Membaca teks pendek dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
8.1.2 Menuliskan kalimat yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial : 2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak
menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam : 5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang
banyak dikonsumsi pada musim hujan
dan musim kemarau
5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang dapat
mengatasi musim
hujan dan musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.1 Menyebutkan
manfaat mentaati peraturan yang berlaku dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan
Keterampilan:7.1.1Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan
musik.
2.
Afektif
Matematika : 6.1.7 Mengelompokkan benda-benda yang
berbentuk segitiga
6.1.8 Mengelompokkan benda-benda yang
berbentuk segiempat
6.1.9 Mengelompokkan benda-benda yang
berbentuk lingkaran
Bahasa Indonesia : 5.2.2. Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh
dalam dongeng.
5.2.3 Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
6.1.2 Bertanya jawab dengan teman tentang
gambar – gambar tersebut.
7.1.2 Membaca dengan memberikan penekanan
pada kata tertentu sesuai
dengan konteksnya.
8.1.3 Mengubah kalimat huruf lepas ketulisan
tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial : 2.3.2 Menjelaskan manfaat menjaga
kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam : 5.3.3 Membandingkan ciri-ciri musim
hujan pada lahan dan kegiatan
manusia
5.3.4 Membandingkan ciri-ciri musim kemarau
pada lahan dan kegiatan
manusia
Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.2 Menjelaskan akibat tidak patuh pada
peraturan dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan:7 .1.2
Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan
/ hitungan
3.
Psikomotor
Matematika : 6.1.10 Menjiplak berbagai bentuk
segitiga
6.1.11 Menjiplak berbagai bentuk segiempat
6.1.12 Menjiplak berbagai bentuk lingkaran
Bahasa Indonesia : 5.2.4 Menceritakan kembali
isi dongeng dengan kalimat sendiri
6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar
secara lisan.
7.1.3 Mendemonstrasikan kalimat yang dibaca
dengan intonasi yang tepat
8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak bersambung
dengan benar dan teliti
Ilmu Pengetahuan Sosial : 2.3.3 Menceritakan bagaimana cara
menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam : 5.3.5 Menceritakan pakaian yang
sesuai pada musim hujan
5.3.5 menceritakan pakaian yang sesuai pada
musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.3 Mengikuti
aturan yang ada dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampila : 7.1.3
Memperagakan tarian pendek secara kelompok
PPBKB :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu,
Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Matematika
6.1.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri segitiga dengan benar
6.1.2.2 Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri segiempat dengan benar
6.1.3.3 Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri lingkaran dengan benar
6.1.4.4 Melalui pengamatan siswa
dapat menunjukkan benda-benda yang berbentuk segitiga dengan benar
6.1.5.5 Melalui pengamatan siswa
dapat menunjukkan bebda-benda yang berbentuk segiempat dengan benar
6.1.6.6 Melalui pengamatan siswa
dapat menunjukkan benda-benda yang berbentuk lingkaran dengan benar
Bahasa Indonesia
5.2.1.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng dengan benar
6.1.1.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat menyebutkan isi gambar tunggal
atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
7.1.1.1 Melalui membaca buku sumber
belajar siswa dapat membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
8.1.1.1 Melalui pengamatan siswa
dapat menuliskan kalimat
secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung
8.1.2.2
Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3.1.1 Melalui pengamatan siswa
dapat menyebutkan 3 akibat dari tidak menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3.1.1 Melalui mengamati video siswa
dapat mennyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada musim hujan dan
musim kemarau
5.3.2.2 Melalui mengamti video siswa
dapat menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi musim hujan dan musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2.1.1 Melalui tanya jawab siswa
dapat menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7.1.1.1 Melalui kegiatan tampil siswa
dapat menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
2.
Afektif
Matematika
6.1.7.1 Melalui pengamatan siswa
dapat mengelompokkan benda-benda yang berbentuk segitiga dengan benar
6.1.8.1Melalui pngamatan siswa dapat
melompokkan benda-benda yang berbentuk segiempat dengan benar
6.1.9.1 Melalui pengamatn siswa dapat
mengelompokkan benda-benda yang berbentuk lingkaran dengan benar
Bahasa Indonesia
5.2.2.1 Melalui mengamati video siswa
dapat menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng dengan tepat
5.2.3.1 Melalui mengamati video siswa
dapat menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng dengan
sesuai
6.1.2.1 Melalui diskusi siswa dapat bertanya
jawab dengan teman tentang gambar- gambar tersebut dengan tepat
7.1.2.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan
konteksnya dengan tepat
8.1.3.1 Melalui pengamatan siswa
dapat mengubah kalimat huruf lepas ketulisan tegak bersambung dengan tepat
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3.2.1
Melalui mengamati video siswa
dapat menjelaskan 3 manfaat menjaga kebersihan rumah
2.3.2.2
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3.3.1 Melalui mengamati video siswa
dapat membandingkan ciri-ciri musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia
5.3.4.1 Melalui mengamati video siswa
dapat mmbandingkan ciri-ciri musim kemarau pada lahan dan kegiatan manusia
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2.2.1 Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7 .1.2.1 Melalui tampil didepan kelas
siswa dapat melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
3.
Psikomotor
Matematika
6.1.10.1 Melalui percobaan siswa
dapat menjiplak berbagai bentuk segitiga dengan benar
6.1.11.1 Melalui percobaan siswa
dapat menjiplak berbagai bentuk segiempat
6.1.12.1 Melalui percobaan siswa
dapat mnjiplak berbagai bentuk lingkaran
Bahasa Indonesia
5.2.4.1 Melalui penjelasan guru siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
6.1.3.1 Melalui pengamatan siswa
dapat membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa
dapat mendemonstrasikan kalimat yang dibaca dengan intonasi yang tepat
8.1.4.1 Melalui percobaan siswa dapat
mengoreksi tulisan tegak bersambung dengan benar dan teliti
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3.3.1 Melalui menagamati video
siswa dapat menceritakan bagaimana cara menjaga kebersihan rumah
Ilmu Pengetahuan Alam
5.3.5.1 Melalui mengamati video siswa
dapat menceritakan pakaian yang sesuai pada musim hujan
5.3.5.2 Melalui mengamati video siswa
dapat menceritakan pakaian yang sesuai pada musim kemarau
Pendidikan Kewarganegaraan
4.2.3.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat ngikuti
aturan yang ada dilingkungan masyarakat
Seni Budaya dan Keterampilan
7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa
dapat memperagakan tarian pendek secara kelompok
E. Materi Ajar ( materi pokok
)
1.
Aturan yang berlaku di
masyarakat
2.
Menjaga kebersihan rumah.
3.
Pengaruh musim pada kegiatan
manusia.
4.
Mengenal bangun datar.
5.
Memerankan tokoh dongeng
6.
Membuat kalimat berdasarkan
gambar.
7.
Percakapan.
8.
Menyatakan suka atau tidak suka
disertai alasan.
9.
Membaca lancar
10.
Menulis huruf tegak bersambung.
11.
Unsur gerak tari.
12.
Keragaman unsur gerak tari.
F. Metoda Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Demonstrasi
5.
Pemberian tugas
G. Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan (± 10 Menit)
a.
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaranMenyiapkan alat dan media pembelajaran
b. Mengkondisikan siswa untuk belajar
c. Berdoa
d. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai silabus
f. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
a.
Memperhatikan gambar yang
menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
b.
Menyimak penjelasan guru
tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
c.
Menjelaskan pengaruh musim pada
kehidupan manusia.
d.
Memperhatikan model / gambar
macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
e.
Menunjukkan jenis-jenis pakaian
yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
f.
Melalui cerita dan pengalaman
siswa menceritakan tentang salah satu
peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
Elaborasi
a.
Siswa menceritakan perasaannya
ketika menjalankan peraturan tersebut.
b.
Menuliskan contoh-contoh
peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
c.
Mengamati model yang termasuk bangun datar.
d.
Mengenalkan bangun datar
segitiga dan bukan segitiga.
e.
Mengelompokkan model yang
termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
f.
Menjiplak bangun datar segitiga
pada buku yang telah disediakan.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
b.
Guru bersama siswa melakukan tanya
jawab dalam meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa menyimak dongeng yang
dibacakan guru dengan tema sopan santun.
b.
Siswa dapat menyebutkan tokoh
dalam dongeng.
Elaborasi
a.
Siswa mengelompokkan sifat dan
perilaku tokoh dalam dongeng.
b.
Siswa memperagakan tingkah laku
tokoh dalam dongeng yang disukai.
c.
Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan rumah.
d.
Siswa menyebutkan bagian–bagian
dalam rumah yang harus sering
dibersihkan.
e.
Siswa menyebutkan alat yang
digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
f.
Siswa mengamati gambar –gambar
yang termasuk bangun datar.
g.
Mengenalkan bangun datar
segiempat dan bukan segi empat.
h.
Menunjukkan bangun datar
segiempat dan bukan segiempat.
i.
Menjiplak bangun datar
segiempat pada buku yang telah disediakan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia,
Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa menyebutkan makanan yang dikonsumsi pada musim hujan.
b.
Siswa menceritakan rasa makanan
tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
c.
Siswa menuliskan contoh-contoh
makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
d.
Siswa mendengarkan dongeng
untuk mengingatkan kembali tokoh dan
jalan ceritanya.
Elaborasi
a.
Melalui tanya jawab, siswa
menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
b.
Siswa melakukan tanya jawab
tentang isi cerita dalam dongeng.
c.
Siswa menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
d.
Siswa mengamati gambar –gambar
yang temasuk bangun datar lingkaran.
e.
Guru mengenalkan bangun datar
lingkaran dan bukan lingkaran.
f.
Guru menunjukkan bangun datar
lingkaran dan bukan lingkaran.
g.
Siswa membuat/menjiplak dari
gambar lingkaran pada buku.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.
(B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui contoh yang disampaikan
guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
b.
Siswa bisa mengucapkan kalimat
permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
c.
Siswa menceritakan dengan kalimat sendiri.
d.
Siswa mengamati gambar –gambar
yang temasuk bangun datar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
Guru memeragakan
pengucapan kalimat permohonan ijin di
depan kelas.
b.
Siswa mendengarkan kembali isi
dongeng untuk mengingatkan kembali.
c.
Siswa melakukan tanya jawab
tentang isi dongeng tersebut.
d.
Siswa mengelompokkan bangun
datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
e.
Siswa mewarnai tiap kelompok
bangun datar dengan warna yang berbeda.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika,
B.Indonesia)
Eksplorasi
a.
Melalui contoh yang disampaikan
guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
b.
Siswa mengamati gambar yang diperlihatkan guru.
Elaborasi
a.
Siswa mengucapkan kalimat permohonan
ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
b.
Siswa mengucapkan kalimat
permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
c.
Siswa memeragakan
pengucapan kalimat permohonan ijin di
depan kelas
d.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
e.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
f.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
g.
Siswa membuat kalimat
sederhana yang tepat untuk setiap
gambar.
h.
Siswa mengucapkan kalimat
dengan intonasi dan lafal yang baik.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia, IPS)
Eksplorasi
a.
Siswa memperhatikan guru cara
melakukan percakapan yang benar dengan
memperhatikan teks percakapan sederhana.
Elaborasi
a.
Siswa melakukan gerakan tari
sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
b.
Siswa melakukan gerakan tari
yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
c.
Siswa menari sesuai dengan
tepuk dan irama.
d.
Siswa merlatih melafalkan teks
percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
e.
Siswa mengucapkan kalimat
percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
f.
Siswa melakukan pembagian peran
untuk memeragakan percakapan tersebut.
g.
Siswa melakukan percakapan di
depan kelas dengan teman.
h.
Siswa menjawab pertanyaan
tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
i.
Siswa memberikan tanggapan
positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
j.
Siswa melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan rumah.
k.
Siswa menyebutkan bagian
–bagian dalam rumah yang harus sering
dibersihkan.
l.
Siswa menyebutkan alat yang
digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
m.
Siswa menggambar peralatan
kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar
tugas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
a.
Melalui penjelasan guru, siswa
menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
Elaborasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup
manusia.
b.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja
Siswa secar kelompok.
c.
Siswa melaporkan hasil diskusi.
d.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
e.
Siswa menyebutkan Manfaat patuh
terhadap peraturan di rumah.
f.
Siswa menyebutkan manfaat patuh
terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
g.
Siswa mencatat beberapa manfaat
dari mematuhi peraturan.
h.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
i.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
j.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa memperhatikan cara
melakukan percakapan yang benar dengan
memperhatikan teks percakapan sederhana.
Elaborasi
a.
Siswa berlatih melafalkan teks
percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
b.
Siswa mengucapkan kalimat
percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
c.
Siswa melakukan pembagian peran
untuk memeragakan percakapan tersebut.
d.
Siswa melakukan percakapan di
depan kelas dengan teman.
e.
Siswa menjawab pertanyaan
tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
f.
Siswa memberikan tanggapan positif
bagi siswa lain yang melakukan percakapan dengan baik.
g.
Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan di dalam rumah dan
halaman rumah.
h.
Siswa menyebutkan bagian
–bagian luar rumah yang harus sering
dibersihkan.
i.
Siswa menyebutkan alat yang
digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
j.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
k.
Mencari contoh-contoh benda
yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang
ada di lingkungan siswa
l.
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
m.
Siswa menyebutkan jumlah sisi
pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia,
Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui pengamatan pada model
siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
Elaborasi
a.
Siswa bisa membandingkan
kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim
kemarau.
b.
Menuliskan kegiatan siswa pada
musim hujan dan kemarau.
c.
Melalui cerita guru, siswa
termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
d.
Siswa dapat menyampaikan secara
lisan alasan benda tersebut disukai.
e.
Guru bertanya jawab tentang
kesukaan yang diminati siswa.
f.
Guru menuliskan tentang kesukaan yang diminati
siswa.
g.
Siswa menyatakan kalimat suka
atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
h.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
i.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
j.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
k.
Siswa menyebutkan jumlah sisi
pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35
menit. (
B Indonesia, Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui contoh yang disampaikan
guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
Elaborasi
a.
Melalui cerita guru, siswa
termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
b.
Siswa menyampaikan secara lisan
alasan benda tersebut tidak disukai.
c.
Bertanya jawab tentang benda /
kegiatan yang tidak disukai.
d.
Siswa membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
e.
Siswa mencari contoh-contoh
benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan
lingkaran yang ada di lingkungan siswa
f.
Siswa menyebutkan ciri-ciri
yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
g.
Siswa dapat menyebutkan jumlah
sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
Eksplorasi
a.
Guru melakukan permainan untuk
melatih kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga,
segiempat dan lingkaran.
b.
Siswa membuat gambar bangun
datar segitiga berbagai ukuran dengan bentuk yang benar.
Elaborasi
a.
Guru memberi warna atau
tempelan kertas warna yang menarik.
b.
Guru memajang hasil karya di
depan kelas.
c.
Guru memberikan tanggapan
positif terhadap karya siswa lain.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
Eksplorasi
a.
Guru memberikan tanggapan
positif terhadap penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
b.
Siswa mendengarkan sebuah dongeng yang
dibacakan guru.
Elaborasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
b.
Siswa menyebutkan jenis
penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
c.
Siswa menuliskan nama-nama penyakit
yang dapat menyerang karena lingkungan rumah yang tidak bersih.
d.
Menciptakan gerakan tarian
secara perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
e.
Siswa menampilkan gerakan
tarian pendek secara perorangan.
d.
Siswa menyebutkan nama
tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
e.
Guru melakukan pembagian peran
untuk tiap kelompok.
f.
Siswa bermain peran dengan
percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
g.
Siswa menampilkan cerita
dongeng dengan peran masing-masing.
h.
Guru memberikan tanggapan
positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
a.
Siswa mengumpulkan informasi
dari koran tentang bencana yang ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.
Elaborasi
a.
Siswa menyebutkan peristiwa
yang terjadi akibat dari musim hujan dan musim kemarau.
b.
Siswa menyebutkan usaha
/kegiatan yang dapat mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim
hujan atau musim kemarau.
c.
Melalui tanya jawab, siswa
menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
d.
Siswa menyebutkan akibat tidak
patuh pada pereturan di rumah.
e.
Siswa menyebutkan akibat tidak
patuh pada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
f.
Siswa mengerjakan tugas/
mengisi latihan soal.
g.
Siswa menyelidiki berbagai
bangun datar dengan cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
h.
Siswa membuat jiplakan pada
garis putus-putus, kemudian menghubungkannya agar membentuk bangun datar.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
Eksplorasi
a.
Siswa memperhatikan tek/wacana
yang telah disediakan.
b.
Siswa membaca wacana tersebut
dengan suara nyaring
c.
Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui tempat
d.
Guru menjelaskan bahwa tanda
titik biasa dipakai pada kalimat berita
Elaborasi
a.
Guru memperagakan tanda jeda
panjang dan pendek
b.
Siswa membacakan sebuah teks dengan memperhatikan
tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
c.
Menggunkan tanda baca titik,
tanda tanya, pada kalimat sederhana
d.
Guru menerangkan bahwa tanda
tanya biasa disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
e.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
f.
Siswa dapat menyebutkan jenis
penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
g.
Siswa dapat menuliskan
nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak
bersih.
h.
Siswa dapat menarik garis mulai
dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
i.
Siswa dapat membuat gambar
segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
j.
Siswa dapat memberi warna yang
menarik.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia,
Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada
musim kemarau dan pada musim hujuan.
Elaborasi
a.
Mengerjakan Lembar Kerja Siswa
secara berkelompok.
b.
Siswa dapat melaporkan hasil
diskusi.
c.
Siswa dapat memperhatikan teks
penggalam cerita yang telah tersedia.
d.
Siswa dapat membaca teks
penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
e.
Siswa dapat membaca penggalan
cerita dengan memperhatikan intonasi dan
pelafalan dengan benar.
f.
Siswa dapat membaca penggalan
cerita secara klasikal, kelompok, maupun
individual
g.
Memperhatikan berbagai bentuk
bangun datar yang diperlihatkan guru.
h.
Siswa dapat menyebutkan
kelompok bangun datar yang termasuk segitiga
i.
Siswa dapat menuliskan kelompok
bangun datar yang termasuk segiempat.
i.
Mengerjakan Lembar kerja Siswa
secara individual.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35
menit. (B. Indonesia, Matematika )
Eksplorasi
a.
Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )
Elaborasi
a.
Siswa dapat mencari arti
kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
b.
Siswa dapat membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang
tepat.
c.
Siswa dapat membuat gambar
segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
d.
Siswa dapat menarik garis mulai
dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar menggunakan penggaris.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
Eksplorasi
a.
Siswa dapat memperhatikan
beberapa kalimat yang disediakan guru pada
papan tulis
b.
Siswa dapat mewarnai gambar
bangun datar yang termasuk segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna
biru, dan lingkaran dengan warna kuning.
Elaborasi
a.
Menyusun dan menggabungkan
beberapa bangun datar menjadi sebuah bentuk binatang atau benda lain.
b.
Siswa dapat menuliskan dengan
cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan
tegak bersambung .
c.
Melalui bimbingan guru, siswa
berlatih menulis tegak bersambung yang
benar dengan memperhatikan huruf kapital
yang tepat.
d.
Siswa dapat menuliskan seluruh
kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
e.
Siswa dapat berlatih dengan
bimbingan guru menulis huruf lepas
dengan bentuk huruf yang benar.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35
menit (IPS, Seni Budaya dan
Keterampilan, Bahasa Indonesia)
Eksplorasi
a.
Siswa dapat menyimak kalimat yang didiktekan guru
Elaborasi
a.
Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar rumah.
b.
Siswa dapat menyebutkan jenis
penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan rumah.
c.
Siswa dapat menuliskan
nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak
bersih.
d.
Siswa dapat memeragakan gerakan
tarian karya sendiri ( kelompok) di depan kelompok lain.
e.
Siswa dapat memperagakan suatu
tarian yang sudah dipelajari secara
berkelompok.
f.
Siswa dapat menampilkan tarian
diiringi musik atau nyanyian.
g.
Siswa dapat menuliskan kalimat
yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan
penggunaan huruf besar dan tanda baca.
h.
Siswa dapat membaca tulisan
sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika
ada kesalahan.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a. Siswa bersama guru menyimpulkan materi
yang telah diajarkan
b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
c. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
d.
Siswa mengerjakan post tes
e.
Pemberian PR / tugas
H. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber:
1.
Buku Pengetahuan sosial SD
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
2.
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit
Buku ajar siswa yang relevan
3.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
4.
Buku Pelajaran Matematika SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
5.
Buku Bina Bahasa Idonesia dan
Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
6.
Buku Saya Ingin Terampil dan
Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
7.
Buku Sekolah Elektronik yang
relevan
Alat Peraga :
1.
Gambar rumah sehat dan tidak
sehat.
2.
Gambar bangun datar
3.
Guntingan karton yang berbentuk
segitga, segiempat, lingkaran.
4.
Gambar peristiwa banjir dan
kekeringan
I.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||
Disiplin,
Kerja
keras
Kreatif,
Demokratif
Rasa Ingin
tahu,
Cinta
tanah air,
Bersahabat,
Menghargai
prestasi,
Gemar
membaca,
Peduli lingkungan,
Peduli sosial,
Tanggung jawab.
|
1. IPS :
2.3.2
Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2. IPA :
5.3.4 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas
dan musim hujan.
5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang
banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
5.3.3Membandingkan cirri-ciri musim
kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang
dapat mengatasi masalah
pada musim hujan dan musim kemarau..
3. PKn :
4.2.1
Menyebutkan manfaat mentaati peraturan
yang berlaku di masyarakat
4.2.2
Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4. Matematika :
6.1.4
Menunjukkan benda-benda yang
secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
6.1.1
Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari
banyak sisinya.
6.1.3
Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
6.1.2
Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran,
menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5. Bahasa Indonesia :
5.2.1 Menyebutkan tokoh dalam
dongeng
6.1.1 Menyebutkan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
7.1.1 Membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf tegakbersambung
8.1.2Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
5.2.4 Menceritakan kembali isi
dongeng dengan kalimat sendiri
6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar
secara lisan.
7.1.3Mendemonstrasikan kalimat yang
dibaca dengan intonasi yang tepat
8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak
bersambung dengan benar dan teliti
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
7.1.1 Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari
dengan iringan musik.
7.1.2 Melakukan gerakan tari
dengan iringan tepukan / hitungan
7.1.3 Melakukan gerakan tari
dengan musik/nyanyian.
Melakukan tarian pendek secara
perorangan.
7.1.4 Memperagakan tarian pendek secara kelompok
|
Tes Lisan dan Tes Tulisan
|
Uraian
Isian
|
1.
IPS :
a.
Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah !
b.
Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan!
2.
IPA:
a.
Ceritakan
pakaian yang
sesuai pada musim panas dan musim hujan!
b.
Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan
maupun musim kemarau!
c.
Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan
kegiatan manusia!
d.
Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau!
3.
PKN
a.
Sebutkan manfaat mentaati peraturan
yang berlaku di masyarakat!
b.
Jelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4.
Matematika:
a.
Tunjukkan benda-benda yang
secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran!
b.
Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari
banyak sisinya!
c.
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan
lingkaran!
d.
Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut
bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya!
5.
Bahasa Indonesia:
a.
Sebutkan tokoh dalam dongeng!
b.
Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng!
c.
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah ......
d.
Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri!
e.
Buatkanlah kalimat berdasarkan
gambar secara lisan!
f.
Lakukanlah
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
teman dengan bimbingan guru!
g.
Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka
pada benda atau suatu kegiatan!
h.
Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak
disukai.......
i.
Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang
dibawakannya!
j.
Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat!
k.
Bacakanlah dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang!
l.
Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar!
m.
Bacakanlah denag memberikan penekanan pada
kata tertentu sesuai dengan konteksnya!
n.
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas
terlebih dahulu!
o.
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf
tegak bersambung!
p.
Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6. Seni Budaya dan
Keterampilan:
a.
Tunjukkan
kesesuaian
gerak antar sesama penari dengan iringan musik!
b.
Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan!
c.
Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian!
d.
Lakukanlah tarian pendek secara peroranga!
e.
Peragakanlah tarian
pendek secara kelompok!
f.
LKS
g.
Lmbar observasi.
|
J.
Kriteria Penilaian
1.
Produk ( Hasil Diskusi )
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
a. semua benar
b. sebagian besar benar
c. sebagian kecil benar
d. semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
|
Kerjasama
Partisipasi
|
a.
bekerjasama
b.
kadang-kadang kerjasama
c.
tidak bekerjasama
a.
aktif berpartisipas
b.
kadang-kadang aktif
c.
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlag Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
partisipasi
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10
Mengetahui Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……. Guru
Tematik Kelas I
(
………………..………… )
( ………………..………… )
NIP/NIK : ………………… NIP/NIK
: …………………
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10
Mengetahui Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……. Guru
Tematik Kelas I
(
………………..………… )
( ………………..………… )
NIP/NIK : ………………… NIP/NIK
: …………………