• RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri 004 Petapahan
    Kelas / semester                        : II / II
    Tema                                         : Budi Pekerti
    Alokasi Waktu / Pertemuan    : 3 Minggu



    A.    Standar Kompetensi
    Matematika
    6. Mengenal bangun datar sederhana
    Bahasa Indonesia
    Mendengarkan :
    5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda disekitar dan dongeng
    Berbicara:
    6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara lisan dengan gambar,                           percakapan sederhana, dan dongeng
    Membaca:
    7. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
    Menulis:
    8. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan                  menyalin
    Ilmu Pengetahuan Sosial
    2. Mendeskripsikan lingkungan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam
    5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
    Pendidikan Kewarganegaraan
    4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7. Mengekspresikan karya seni rupa


    B.     Kompetensi Dasar
    Matematika
    6.1 Mengenal segitiga, segiempat dan lingkaran
    Bahasa Indonesia
    Mendengarkan:
    5.1. Menyebutkan isi dongeng
    Berbicara:
    6.1 Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah             dimengerti.
    Membaca:
    7.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang                  mudah dimengerti
    Menulis:
    8.1 Menulias kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan huruf tegak bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial
    2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan prilaku dalam menjaga kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam
    5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
    Pendidikan Kewarganegaraan
    4.2  Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.

    C.    Indikator
    1.      Kognitif
    Matematika                              : 6.1.1 menyebutkan ciri-ciri segitiga
                                                       6.1.2 menyebutkan ciri-ciri segiempat
                                                       6.1.3 menyebutkan ciri-ciri lingkaran
                                 6.1.4 menunjukkan benda-benda yang berbentuk                                                                 segitiga
                                 6.1.5 menunjukkan bebda-benda yang berbentuk                                                                 segiempat
                                 6.1.6 menunjukkan benda-benda yang berbentuk                                                                 lingkaran
    Bahasa Indonesia                     : 5.2.1 Menyebutkan tokoh dalam dongeng
                                                       6.1.1 Menyebutkan isi   gambar tunggal atau seri                                                                  sederhana dengan bahasa yang mudah                                                                       dimengerti.
                                                     7.1.1 Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi                                                     yang tepat.
                                                       8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar dengan                                                           menggunakan huruf tegak bersambung
                                                        8.1.2 Menuliskan kalimat yang didiktekan guru                                                                   dengan menggunakan huruf tegak bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial          : 2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga                                                                       kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam           : 5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang banyak                                                                   dikonsumsi pada musim hujan dan musim                                                                 kemarau
                                                       5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi                                                              musim hujan dan musim kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.1  Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang                                                           berlaku dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan:7.1.1Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama                                                                penari dengan iringan musik.
    2.      Afektif
    Matematika                              : 6.1.7 Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk                                                          segitiga
                                                       6.1.8 Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk                                                          segiempat
                                                       6.1.9 Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk                                                          lingkaran
    Bahasa Indonesia                     : 5.2.2. Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam                                                               dongeng.
                                                     5.2.3 Menjawab pertanyan yang berhubungan                                                                  dengan isi dongeng.
                                                       6.1.2 Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –                                                         gambar tersebut.
                                                    7.1.2 Membaca dengan memberikan penekanan pada                                                        kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
                                                      8.1.3 Mengubah kalimat huruf lepas ketulisan tegak                                                              bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial          : 2.3.2 Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam           : 5.3.3 Membandingkan ciri-ciri musim hujan pada                                                                 lahan dan kegiatan manusia
                                                       5.3.4 Membandingkan ciri-ciri musim kemarau pada                                                            lahan dan kegiatan manusia                           
    Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.2 Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan                                                           dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan:7 .1.2 Melakukan gerakan tari dengan iringan                                                                       tepukan / hitungan

    3.      Psikomotor
    Matematika                              : 6.1.10 Menjiplak berbagai bentuk segitiga
                                                       6.1.11 Menjiplak berbagai bentuk segiempat
                                                       6.1.12 Menjiplak berbagai bentuk lingkaran
    Bahasa Indonesia                     : 5.2.4 Menceritakan kembali isi dongeng dengan                                                                   kalimat sendiri
                                                       6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar secara                                                              lisan.
                                                       7.1.3 Mendemonstrasikan kalimat yang dibaca dengan                                                        intonasi yang tepat
                                                       8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak bersambung dengan                                                              benar dan teliti
    Ilmu Pengetahuan Sosial          : 2.3.3 Menceritakan bagaimana cara menjaga                                                                         kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam           : 5.3.5 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim                                                            hujan
                                                       5.3.5 menceritakan pakaian yang sesuai pada musim                                                            kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.3  Mengikuti aturan yang ada dilingkungan                                                                    masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampila : 7.1.3 Memperagakan tarian pendek secara kelompok
    PPBKB                                    : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin                                              tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai                                                                       prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli                                                      sosial, dan Tanggung jawab.

    D.    Tujuan Pembelajaran
    1.      Kognitif
    Matematika           
    6.1.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri segitiga dengan                    benar
    6.1.2.2 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri segiempat dengan                benar
    6.1.3.3 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkaran dengan                  benar
    6.1.4.4 Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan benda-benda yang                           berbentuk segitiga dengan benar
    6.1.5.5 Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan bebda-benda yang                           berbentuk segiempat dengan benar
    6.1.6.6 Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan benda-benda yang                           berbentuk lingkaran dengan benar
    Bahasa Indonesia
         5.2.1.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng                            dengan benar
    6.1.1.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan isi   gambar tunggal atau             seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
    7.1.1.1 Melalui membaca buku sumber belajar siswa dapat membaca teks pendek                dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    8.1.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan kalimat secara benar dengan                 menggunakan huruf tegak bersambung 
    8.1.2.2 Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan kalimat yang didiktekan guru             dengan menggunakan huruf tegak bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial
    2.3.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan 3 akibat dari tidak menjaga              kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam    
    5.3.1.1 Melalui mengamati video siswa dapat mennyebutkan jenis makanan yang                               banyak dikonsumsi pada musim hujan dan musim kemarau
    5.3.2.2 Melalui mengamti video siswa dapat menyebutkan kegiatan yang dapat                                 mengatasi  musim hujan dan musim kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan       
    4.2.1.1 Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan manfaat mentaati peraturan                            yang berlaku dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7.1.1.1 Melalui kegiatan tampil siswa dapat menunjukkan kesesuaian gerak antar                               sesama penari dengan iringan musik.
    2.      Afektif
    Matematika                                   
    6.1.7.1 Melalui pengamatan siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang                     berbentuk segitiga dengan benar
    6.1.8.1Melalui pngamatan siswa dapat melompokkan benda-benda yang berbentuk           segiempat dengan benar
    6.1.9.1 Melalui pengamatn siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang                      berbentuk lingkaran dengan benar
    Bahasa Indonesia              
    5.2.2.1 Melalui mengamati video siswa dapat menjelaskan sifat dan perilaku tokoh             dalam dongeng dengan tepat
    5.2.3.1 Melalui mengamati video siswa dapat menjawab pertanyan yang                             berhubungan dengan isi dongeng dengan sesuai
    6.1.2.1 Melalui diskusi siswa dapat bertanya jawab dengan teman tentang gambar-             gambar tersebut dengan tepat
    7.1.2.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat membaca dengan memberikan                          penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya dengan tepat
    8.1.3.1 Melalui pengamatan siswa dapat mengubah kalimat huruf lepas ketulisan                tegak bersambung dengan tepat

    Ilmu Pengetahuan Sosial   
    2.3.2.1  Melalui mengamati video siswa dapat menjelaskan 3 manfaat menjaga kebersihan rumah
    2.3.2.2  Ilmu Pengetahuan Alam
    5.3.3.1 Melalui mengamati video siswa dapat membandingkan ciri-ciri musim                     hujan pada lahan dan kegiatan manusia
    5.3.4.1 Melalui mengamati video siswa dapat mmbandingkan ciri-ciri musim                       kemarau pada lahan dan kegiatan manusia                                   
    Pendidikan Kewarganegaraan       
    4.2.2.1 Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan akibat tidak patuh pada                     peraturan dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7 .1.2.1 Melalui tampil didepan kelas siswa dapat melakukan gerakan tari dengan                 iringan tepukan / hitungan
    3.      Psikomotor
    Matematika                       
    6.1.10.1 Melalui percobaan siswa dapat menjiplak berbagai bentuk segitiga dengan              benar
    6.1.11.1 Melalui percobaan siswa dapat menjiplak berbagai bentuk segiempat
    6.1.12.1 Melalui percobaan siswa dapat mnjiplak berbagai bentuk lingkaran
    Bahasa Indonesia              
    5.2.4.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng                    dengan kalimat sendiri
    6.1.3.1 Melalui pengamatan siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar       secara lisan.
    7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa dapat mendemonstrasikan kalimat yang                     dibaca dengan intonasi yang tepat
    8.1.4.1 Melalui percobaan siswa dapat mengoreksi tulisan tegak bersambung                      dengan benar dan teliti
    Ilmu Pengetahuan Sosial   
    2.3.3.1 Melalui menagamati video siswa dapat menceritakan bagaimana cara                       menjaga kebersihan rumah


    Ilmu Pengetahuan Alam
    5.3.5.1 Melalui mengamati video siswa dapat menceritakan pakaian yang sesuai                  pada musim hujan
    5.3.5.2 Melalui mengamati video siswa dapat menceritakan pakaian yang sesuai                 pada musim kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan      
    4.2.3.1  Melalui penjelasan guru siswa dapat ngikuti aturan yang ada dilingkungan              masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa dapat memperagakan tarian pendek secara                  kelompok
    E.     Materi Ajar ( materi pokok )
    1.      Aturan yang berlaku di masyarakat
    2.      Menjaga kebersihan rumah.
    3.      Pengaruh musim pada kegiatan manusia.
    4.      Mengenal bangun datar.
    5.      Memerankan tokoh dongeng
    6.      Membuat kalimat berdasarkan gambar.
    7.      Percakapan.
    8.      Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
    9.      Membaca lancar
    10.  Menulis huruf tegak bersambung.
    11.  Unsur gerak tari.
    12.  Keragaman unsur gerak tari.
    F.     Metoda Pembelajaran
    1.      Ceramah
    2.      Diskusi
    3.      Tanya jawab
    4.      Demonstrasi
    5.      Pemberian tugas
    G.    Kegiatan Pembelajaran
    1.      Kegiatan Pendahuluan  (± 10 Menit)
    a.       Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaranMenyiapkan alat dan media pembelajaran
    b.      Mengkondisikan siswa untuk belajar
    c.       Berdoa
    d.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
    e.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
    f.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
    2.      Kegiatan Inti
    Minggu ke 1
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
    a.       Memperhatikan gambar yang menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
    b.      Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
    c.       Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan manusia.
    d.      Memperhatikan model / gambar macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
    e.       Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
    f.       Melalui cerita dan pengalaman siswa menceritakan tentang salah satu  peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
    Elaborasi
    a.       Siswa menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
    b.      Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
    c.       Mengamati model  yang termasuk bangun datar.
    d.      Mengenalkan bangun datar segitiga dan bukan segitiga.
    e.       Mengelompokkan model yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
    f.       Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
    b.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab dalam meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa menyimak dongeng yang dibacakan guru dengan tema sopan santun.
    b.      Siswa dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng.
    Elaborasi
    a.       Siswa mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
    b.      Siswa memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
    c.       Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
    d.      Siswa menyebutkan bagian–bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
    e.       Siswa menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
    f.       Siswa mengamati gambar –gambar yang termasuk bangun datar.
    g.      Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
    h.      Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
    i.        Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.
    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa menyebutkan makanan yang dikonsumsi pada musim hujan.
    b.      Siswa menceritakan rasa makanan tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
    c.       Siswa menuliskan contoh-contoh makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
    d.      Siswa mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
    Elaborasi
    a.       Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
    b.      Siswa melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
    c.       Siswa menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
    d.      Siswa mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar lingkaran.
    e.       Guru mengenalkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
    f.       Guru menunjukkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
    g.      Siswa membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
    b.      Siswa bisa mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
    c.       Siswa menceritakan dengan  kalimat sendiri.
    d.      Siswa mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar

    Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    a.       Guru memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas.
    b.      Siswa mendengarkan kembali isi dongeng untuk mengingatkan kembali.
    c.       Siswa melakukan tanya jawab tentang isi dongeng tersebut.
    d.      Siswa mengelompokkan bangun datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
    e.       Siswa mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang berbeda.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.


    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika, B.Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
    b.      Siswa mengamati gambar  yang diperlihatkan guru.
    Elaborasi
    a.       Siswa mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
    b.      Siswa mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    c.       Siswa memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas
    d.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    e.       Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    f.       Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    g.      Siswa membuat kalimat sederhana  yang tepat untuk setiap gambar.
    h.      Siswa mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa  Indonesia, IPS)
    Eksplorasi
    a.       Siswa memperhatikan guru cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan teks percakapan sederhana.
    Elaborasi
    a.       Siswa melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
    b.      Siswa melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
    c.       Siswa menari sesuai dengan tepuk dan irama.
    d.      Siswa merlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
    e.       Siswa mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
    f.       Siswa melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
    g.      Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
    h.      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
    i.        Siswa memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
    j.        Siswa melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
    k.      Siswa menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
    l.        Siswa menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
    m.    Siswa menggambar peralatan kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.
    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Minggu ke 2
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
    a.       Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
    Elaborasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup manusia.
    b.      Siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa secar kelompok.
    c.       Siswa melaporkan hasil diskusi.
    d.      Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
    e.       Siswa menyebutkan Manfaat patuh terhadap peraturan di rumah.
    f.       Siswa menyebutkan manfaat patuh terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
    g.      Siswa mencatat beberapa manfaat dari mematuhi peraturan.
    h.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    i.        Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    j.        Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan teks percakapan sederhana.
    Elaborasi
    a.       Siswa berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
    b.      Siswa mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
    c.       Siswa melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
    d.      Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
    e.       Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
    f.       Siswa memberikan tanggapan positif bagi siswa lain yang melakukan percakapan dengan baik.
    g.      Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan di dalam  rumah dan halaman rumah.
    h.      Siswa menyebutkan bagian –bagian luar   rumah yang harus sering dibersihkan.
    i.        Siswa menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
    j.        Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    k.      Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    l.        Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    m.    Siswa menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.


    Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika  )
    Eksplorasi
    a.       Melalui pengamatan pada model siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
    Elaborasi
    a.       Siswa bisa membandingkan kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim kemarau.
    b.      Menuliskan kegiatan siswa pada musim hujan dan kemarau.
    c.       Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
    d.      Siswa dapat menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut disukai.
    e.       Guru bertanya jawab tentang kesukaan  yang diminati siswa.
    f.       Guru  menuliskan tentang kesukaan yang diminati siswa.
    g.      Siswa menyatakan kalimat suka atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
    h.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    i.        Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    j.        Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    k.      Siswa menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (  B Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
    Elaborasi
    a.       Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
    b.      Siswa menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut tidak disukai.
    c.       Bertanya jawab tentang benda / kegiatan yang tidak disukai.
    d.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    e.       Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    f.       Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    g.      Siswa dapat menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan




    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Guru melakukan permainan untuk melatih kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    b.      Siswa membuat gambar bangun datar segitiga berbagai ukuran dengan bentuk yang benar.
    Elaborasi
    a.       Guru memberi warna atau tempelan kertas warna yang menarik.
    b.      Guru memajang hasil karya di depan kelas.
    c.       Guru memberikan tanggapan positif terhadap karya siswa lain.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Guru memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
    b.      Siswa mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.
    Elaborasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
    b.      Siswa menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
    c.       Siswa menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karena lingkungan rumah yang tidak bersih.
    d.      Menciptakan gerakan tarian secara perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
    e.       Siswa menampilkan gerakan tarian pendek secara perorangan.
    d.      Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
    e.       Guru melakukan pembagian peran untuk tiap kelompok.
    f.       Siswa bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
    g.      Siswa menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
    h.      Guru memberikan tanggapan positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

    Minggu ke 3
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
    a.       Siswa mengumpulkan informasi dari koran tentang bencana yang ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.
    Elaborasi
    a.       Siswa menyebutkan peristiwa yang terjadi akibat dari musim hujan dan musim kemarau.
    b.      Siswa menyebutkan usaha /kegiatan yang dapat mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim hujan atau musim kemarau.
    c.       Melalui tanya jawab, siswa menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
    d.      Siswa menyebutkan akibat tidak patuh pada pereturan di rumah.
    e.       Siswa menyebutkan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
    f.       Siswa mengerjakan tugas/ mengisi latihan soal.
    g.      Siswa menyelidiki berbagai bangun datar dengan cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
    h.      Siswa membuat jiplakan pada garis putus-putus, kemudian menghubungkannya agar membentuk bangun datar.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
    b.      Siswa membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
    c.       Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat
    d.      Guru menjelaskan bahwa tanda titik biasa dipakai pada kalimat berita
    Elaborasi
    a.       Guru memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
    b.      Siswa  membacakan sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
    c.       Menggunkan tanda baca titik, tanda tanya, pada kalimat sederhana
    d.      Guru menerangkan bahwa tanda tanya biasa disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
    e.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
    f.       Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
    g.      Siswa dapat menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
    h.      Siswa dapat menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
    i.        Siswa dapat membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
    j.        Siswa dapat memberi warna yang menarik.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada musim kemarau dan pada musim hujuan.
    Elaborasi
    a.       Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara berkelompok.
    b.      Siswa dapat melaporkan hasil diskusi.
    c.       Siswa dapat memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
    d.      Siswa dapat membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
    e.       Siswa dapat membaca penggalan cerita  dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
    f.       Siswa dapat membaca penggalan cerita secara  klasikal, kelompok, maupun individual
    g.      Memperhatikan berbagai bentuk bangun datar  yang diperlihatkan guru.
    h.      Siswa dapat menyebutkan kelompok bangun datar yang termasuk segitiga
    i.        Siswa dapat menuliskan kelompok bangun datar yang termasuk segiempat.
    i.        Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara individual.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (B. Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya           ( sesuai tema )
    Elaborasi
    a.       Siswa dapat mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
    b.      Siswa dapat membaca wacana  dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat.
    c.       Siswa dapat membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
    d.      Siswa dapat menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga  membentuk bangun datar menggunakan penggaris.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa  Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Siswa dapat memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada  papan tulis
    b.      Siswa dapat mewarnai gambar bangun datar yang termasuk segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna biru, dan lingkaran dengan warna kuning.
    Elaborasi
    a.       Menyusun dan menggabungkan beberapa bangun datar menjadi sebuah bentuk binatang atau benda lain.
    b.      Siswa dapat menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
    c.       Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung  yang benar dengan memperhatikan  huruf kapital yang tepat.
    d.      Siswa dapat menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
    e.       Siswa dapat berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf  lepas dengan bentuk huruf yang benar.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  4 x  35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Siswa dapat menyimak  kalimat yang didiktekan guru
    Elaborasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar  rumah.
    b.      Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan  rumah.
    c.       Siswa dapat menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
    d.      Siswa dapat memeragakan gerakan tarian karya sendiri ( kelompok) di depan kelompok lain.
    e.       Siswa dapat memperagakan suatu tarian  yang sudah dipelajari secara berkelompok.
    f.       Siswa dapat menampilkan tarian diiringi musik atau nyanyian.
    g.      Siswa dapat menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
    h.      Siswa dapat membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika ada kesalahan.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.      Kegiatan akhir
    Dalam kegiatan akhir, guru:
    a.       Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
    b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
    c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
    d.      Siswa mengerjakan post tes
    e.       Pemberian PR / tugas


    H.    Alat dan Sumber Belajar
    Buku Sumber:
    1.      Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    2.      Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    3.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    4.      Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    5.      Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

    6.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    7.      Buku Sekolah Elektronik yang relevan

    Alat Peraga  :
    1.      Gambar rumah sehat dan tidak sehat.
    2.       Gambar bangun datar
    3.      Guntingan karton yang berbentuk segitga, segiempat, lingkaran.
    4.      Gambar peristiwa banjir dan kekeringan

    I.       Penilaian
    Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

    Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

    Indikator Pencapaian Kompetensi

    Penilaian


    Teknik

    Bentuk Instrumen

    Contoh Instrumen
    Disiplin,
    Kerja keras
    Kreatif,
    Demokratif
    Rasa Ingin tahu,
    Cinta tanah air,
    Bersahabat,
    Menghargai prestasi,
    Gemar membaca,
    Peduli lingkungan,
    Peduli sosial,
    Tanggung jawab.
    1.      IPS :
    2.3.2 Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
    2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
    2.      IPA :
    5.3.4 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
    5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
    5.3.3Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
    5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
    3.      PKn :
    4.2.1        Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
    4.2.2        Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
    4.      Matematika :
    6.1.4        Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    6.1.1        Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
    6.1.3        Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
    6.1.2        Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
    5.      Bahasa Indonesia :
    5.2.1 Menyebutkan tokoh dalam dongeng
    6.1.1 Menyebutkan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
    7.1.1 Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegakbersambung
    8.1.2Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung
    5.2.4 Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
     6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
    7.1.3Mendemonstrasikan kalimat yang dibaca dengan intonasi yang tepat
    8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak bersambung dengan  benar dan teliti


    6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
    7.1.1     Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
    7.1.2     Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
    7.1.3     Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
    Melakukan tarian pendek secara perorangan.
    7.1.4 Memperagakan tarian pendek secara kelompok
    Tes Lisan dan Tes Tulisan
    Uraian
    Isian
    1.      IPS :
    a.       Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah !
    b.      Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan!
    2.      IPA:
    a.         Ceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan!
    b.        Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau!
    c.         Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia!

    d.        Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau!

    3.      PKN
    a.       Sebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat!
    b.      Jelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
    4.      Matematika:
    a.       Tunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran!
    b.      Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya!
    c.       Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran!
    d.      Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya!
    5.      Bahasa Indonesia:
    a.       Sebutkan tokoh dalam dongeng!
    b.      Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng!
    c.       Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah ......
    d.      Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri!
    e.       Buatkanlah  kalimat berdasarkan gambar secara lisan!
    f.       Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru!
    g.      Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan!
    h.      Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.......
    i.        Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya!
    j.        Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat!
    k.      Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang!
    l.        Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar!
    m.    Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya!
    n.      Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu!
    o.      Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung!
    p.      Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.

    6.      Seni Budaya dan Keterampilan:
    a.       Tunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik!
    b.      Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan!
    c.       Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian!
    d.      Lakukanlah tarian pendek secara peroranga!
    e.       Peragakanlah tarian pendek secara kelompok!
    f.       LKS
    g.      Lmbar observasi.



    J.      Kriteria Penilaian
    1.      Produk ( Hasil Diskusi )
    No
    Aspek
    Kriteria
    Skor

    1

    Konsep
    a.       semua benar
    b.      sebagian besar benar
    c.       sebagian kecil benar
    d.      semua salah
    4
    3
    2
    1

    2.      Performansi
    No
    Aspek
    Kriteria
    Skor

    1



    2

    Kerjasama



    Partisipasi
    a.       bekerjasama
    b.      kadang-kadang kerjasama
    c.       tidak bekerjasama
    a.    aktif  berpartisipas
    b.    kadang-kadang aktif
    c.       tidak aktif
    4
    2
    1


    4
    2
    1


    3.      Lembar Penilaian

    No
    Nama Siswa
    Performan

    Produk
    Jumlag Skor

    Nilai
    Kerjasama
    partisipasi
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10







    Catatan :RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri 004 Petapahan
    Kelas / semester                        : II / II
    Tema                                         : Budi Pekerti
    Alokasi Waktu / Pertemuan    : 3 Minggu



    A.    Standar Kompetensi
    Matematika
    6. Mengenal bangun datar sederhana
    Bahasa Indonesia
    Mendengarkan :
    5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda disekitar dan dongeng
    Berbicara:
    6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara lisan dengan gambar,                           percakapan sederhana, dan dongeng
    Membaca:
    7. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
    Menulis:
    8. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan                  menyalin
    Ilmu Pengetahuan Sosial
    2. Mendeskripsikan lingkungan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam
    5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
    Pendidikan Kewarganegaraan
    4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7. Mengekspresikan karya seni rupa


    B.     Kompetensi Dasar
    Matematika
    6.1 Mengenal segitiga, segiempat dan lingkaran
    Bahasa Indonesia
    Mendengarkan:
    5.1. Menyebutkan isi dongeng
    Berbicara:
    6.1 Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah             dimengerti.
    Membaca:
    7.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang                  mudah dimengerti
    Menulis:
    8.1 Menulias kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan huruf tegak bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial
    2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan prilaku dalam menjaga kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam
    5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
    Pendidikan Kewarganegaraan
    4.2  Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.

    C.    Indikator
    1.      Kognitif
    Matematika                              : 6.1.1 menyebutkan ciri-ciri segitiga
                                                       6.1.2 menyebutkan ciri-ciri segiempat
                                                       6.1.3 menyebutkan ciri-ciri lingkaran
                                 6.1.4 menunjukkan benda-benda yang berbentuk                                                                 segitiga
                                 6.1.5 menunjukkan bebda-benda yang berbentuk                                                                 segiempat
                                 6.1.6 menunjukkan benda-benda yang berbentuk                                                                 lingkaran
    Bahasa Indonesia                     : 5.2.1 Menyebutkan tokoh dalam dongeng
                                                       6.1.1 Menyebutkan isi   gambar tunggal atau seri                                                                  sederhana dengan bahasa yang mudah                                                                       dimengerti.
                                                     7.1.1 Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi                                                     yang tepat.
                                                       8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar dengan                                                           menggunakan huruf tegak bersambung
                                                        8.1.2 Menuliskan kalimat yang didiktekan guru                                                                   dengan menggunakan huruf tegak bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial          : 2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga                                                                       kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam           : 5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang banyak                                                                   dikonsumsi pada musim hujan dan musim                                                                 kemarau
                                                       5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi                                                              musim hujan dan musim kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.1  Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang                                                           berlaku dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan:7.1.1Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama                                                                penari dengan iringan musik.
    2.      Afektif
    Matematika                              : 6.1.7 Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk                                                          segitiga
                                                       6.1.8 Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk                                                          segiempat
                                                       6.1.9 Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk                                                          lingkaran
    Bahasa Indonesia                     : 5.2.2. Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam                                                               dongeng.
                                                     5.2.3 Menjawab pertanyan yang berhubungan                                                                  dengan isi dongeng.
                                                       6.1.2 Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –                                                         gambar tersebut.
                                                    7.1.2 Membaca dengan memberikan penekanan pada                                                        kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
                                                      8.1.3 Mengubah kalimat huruf lepas ketulisan tegak                                                              bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial          : 2.3.2 Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam           : 5.3.3 Membandingkan ciri-ciri musim hujan pada                                                                 lahan dan kegiatan manusia
                                                       5.3.4 Membandingkan ciri-ciri musim kemarau pada                                                            lahan dan kegiatan manusia                           
    Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.2 Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan                                                           dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan:7 .1.2 Melakukan gerakan tari dengan iringan                                                                       tepukan / hitungan

    3.      Psikomotor
    Matematika                              : 6.1.10 Menjiplak berbagai bentuk segitiga
                                                       6.1.11 Menjiplak berbagai bentuk segiempat
                                                       6.1.12 Menjiplak berbagai bentuk lingkaran
    Bahasa Indonesia                     : 5.2.4 Menceritakan kembali isi dongeng dengan                                                                   kalimat sendiri
                                                       6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar secara                                                              lisan.
                                                       7.1.3 Mendemonstrasikan kalimat yang dibaca dengan                                                        intonasi yang tepat
                                                       8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak bersambung dengan                                                              benar dan teliti
    Ilmu Pengetahuan Sosial          : 2.3.3 Menceritakan bagaimana cara menjaga                                                                         kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam           : 5.3.5 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim                                                            hujan
                                                       5.3.5 menceritakan pakaian yang sesuai pada musim                                                            kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan : 4.2.3  Mengikuti aturan yang ada dilingkungan                                                                    masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampila : 7.1.3 Memperagakan tarian pendek secara kelompok
    PPBKB                                    : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin                                              tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai                                                                       prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli                                                      sosial, dan Tanggung jawab.

    D.    Tujuan Pembelajaran
    1.      Kognitif
    Matematika           
    6.1.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri segitiga dengan                    benar
    6.1.2.2 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri segiempat dengan                benar
    6.1.3.3 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkaran dengan                  benar
    6.1.4.4 Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan benda-benda yang                           berbentuk segitiga dengan benar
    6.1.5.5 Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan bebda-benda yang                           berbentuk segiempat dengan benar
    6.1.6.6 Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan benda-benda yang                           berbentuk lingkaran dengan benar
    Bahasa Indonesia
         5.2.1.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng                            dengan benar
    6.1.1.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan isi   gambar tunggal atau             seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
    7.1.1.1 Melalui membaca buku sumber belajar siswa dapat membaca teks pendek                dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    8.1.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan kalimat secara benar dengan                 menggunakan huruf tegak bersambung 
    8.1.2.2 Melalui pengamatan siswa dapat menuliskan kalimat yang didiktekan guru             dengan menggunakan huruf tegak bersambung
    Ilmu Pengetahuan Sosial
    2.3.1.1 Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan 3 akibat dari tidak menjaga              kebersihan rumah
    Ilmu Pengetahuan Alam    
    5.3.1.1 Melalui mengamati video siswa dapat mennyebutkan jenis makanan yang                               banyak dikonsumsi pada musim hujan dan musim kemarau
    5.3.2.2 Melalui mengamti video siswa dapat menyebutkan kegiatan yang dapat                                 mengatasi  musim hujan dan musim kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan       
    4.2.1.1 Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan manfaat mentaati peraturan                            yang berlaku dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7.1.1.1 Melalui kegiatan tampil siswa dapat menunjukkan kesesuaian gerak antar                               sesama penari dengan iringan musik.
    2.      Afektif
    Matematika                                   
    6.1.7.1 Melalui pengamatan siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang                     berbentuk segitiga dengan benar
    6.1.8.1Melalui pngamatan siswa dapat melompokkan benda-benda yang berbentuk           segiempat dengan benar
    6.1.9.1 Melalui pengamatn siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang                      berbentuk lingkaran dengan benar
    Bahasa Indonesia              
    5.2.2.1 Melalui mengamati video siswa dapat menjelaskan sifat dan perilaku tokoh             dalam dongeng dengan tepat
    5.2.3.1 Melalui mengamati video siswa dapat menjawab pertanyan yang                             berhubungan dengan isi dongeng dengan sesuai
    6.1.2.1 Melalui diskusi siswa dapat bertanya jawab dengan teman tentang gambar-             gambar tersebut dengan tepat
    7.1.2.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat membaca dengan memberikan                          penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya dengan tepat
    8.1.3.1 Melalui pengamatan siswa dapat mengubah kalimat huruf lepas ketulisan                tegak bersambung dengan tepat

    Ilmu Pengetahuan Sosial   
    2.3.2.1  Melalui mengamati video siswa dapat menjelaskan 3 manfaat menjaga kebersihan rumah
    2.3.2.2  Ilmu Pengetahuan Alam
    5.3.3.1 Melalui mengamati video siswa dapat membandingkan ciri-ciri musim                     hujan pada lahan dan kegiatan manusia
    5.3.4.1 Melalui mengamati video siswa dapat mmbandingkan ciri-ciri musim                       kemarau pada lahan dan kegiatan manusia                                   
    Pendidikan Kewarganegaraan       
    4.2.2.1 Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan akibat tidak patuh pada                     peraturan dilingkungan masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7 .1.2.1 Melalui tampil didepan kelas siswa dapat melakukan gerakan tari dengan                 iringan tepukan / hitungan
    3.      Psikomotor
    Matematika                       
    6.1.10.1 Melalui percobaan siswa dapat menjiplak berbagai bentuk segitiga dengan              benar
    6.1.11.1 Melalui percobaan siswa dapat menjiplak berbagai bentuk segiempat
    6.1.12.1 Melalui percobaan siswa dapat mnjiplak berbagai bentuk lingkaran
    Bahasa Indonesia              
    5.2.4.1 Melalui penjelasan guru siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng                    dengan kalimat sendiri
    6.1.3.1 Melalui pengamatan siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar       secara lisan.
    7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa dapat mendemonstrasikan kalimat yang                     dibaca dengan intonasi yang tepat
    8.1.4.1 Melalui percobaan siswa dapat mengoreksi tulisan tegak bersambung                      dengan benar dan teliti
    Ilmu Pengetahuan Sosial   
    2.3.3.1 Melalui menagamati video siswa dapat menceritakan bagaimana cara                       menjaga kebersihan rumah


    Ilmu Pengetahuan Alam
    5.3.5.1 Melalui mengamati video siswa dapat menceritakan pakaian yang sesuai                  pada musim hujan
    5.3.5.2 Melalui mengamati video siswa dapat menceritakan pakaian yang sesuai                 pada musim kemarau
    Pendidikan Kewarganegaraan      
    4.2.3.1  Melalui penjelasan guru siswa dapat ngikuti aturan yang ada dilingkungan              masyarakat
    Seni Budaya dan Keterampilan
    7.1.3.1 Melalui kegiatan tampil siswa dapat memperagakan tarian pendek secara                  kelompok
    E.     Materi Ajar ( materi pokok )
    1.      Aturan yang berlaku di masyarakat
    2.      Menjaga kebersihan rumah.
    3.      Pengaruh musim pada kegiatan manusia.
    4.      Mengenal bangun datar.
    5.      Memerankan tokoh dongeng
    6.      Membuat kalimat berdasarkan gambar.
    7.      Percakapan.
    8.      Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
    9.      Membaca lancar
    10.  Menulis huruf tegak bersambung.
    11.  Unsur gerak tari.
    12.  Keragaman unsur gerak tari.
    F.     Metoda Pembelajaran
    1.      Ceramah
    2.      Diskusi
    3.      Tanya jawab
    4.      Demonstrasi
    5.      Pemberian tugas
    G.    Kegiatan Pembelajaran
    1.      Kegiatan Pendahuluan  (± 10 Menit)
    a.       Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaranMenyiapkan alat dan media pembelajaran
    b.      Mengkondisikan siswa untuk belajar
    c.       Berdoa
    d.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
    e.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
    f.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
    2.      Kegiatan Inti
    Minggu ke 1
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
    a.       Memperhatikan gambar yang menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
    b.      Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
    c.       Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan manusia.
    d.      Memperhatikan model / gambar macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
    e.       Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
    f.       Melalui cerita dan pengalaman siswa menceritakan tentang salah satu  peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
    Elaborasi
    a.       Siswa menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
    b.      Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
    c.       Mengamati model  yang termasuk bangun datar.
    d.      Mengenalkan bangun datar segitiga dan bukan segitiga.
    e.       Mengelompokkan model yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
    f.       Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
    b.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab dalam meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa menyimak dongeng yang dibacakan guru dengan tema sopan santun.
    b.      Siswa dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng.
    Elaborasi
    a.       Siswa mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
    b.      Siswa memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
    c.       Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
    d.      Siswa menyebutkan bagian–bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
    e.       Siswa menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
    f.       Siswa mengamati gambar –gambar yang termasuk bangun datar.
    g.      Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
    h.      Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
    i.        Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.
    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa menyebutkan makanan yang dikonsumsi pada musim hujan.
    b.      Siswa menceritakan rasa makanan tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
    c.       Siswa menuliskan contoh-contoh makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
    d.      Siswa mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
    Elaborasi
    a.       Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
    b.      Siswa melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
    c.       Siswa menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
    d.      Siswa mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar lingkaran.
    e.       Guru mengenalkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
    f.       Guru menunjukkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
    g.      Siswa membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
    b.      Siswa bisa mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
    c.       Siswa menceritakan dengan  kalimat sendiri.
    d.      Siswa mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar

    Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    a.       Guru memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas.
    b.      Siswa mendengarkan kembali isi dongeng untuk mengingatkan kembali.
    c.       Siswa melakukan tanya jawab tentang isi dongeng tersebut.
    d.      Siswa mengelompokkan bangun datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
    e.       Siswa mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang berbeda.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.


    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika, B.Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
    b.      Siswa mengamati gambar  yang diperlihatkan guru.
    Elaborasi
    a.       Siswa mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
    b.      Siswa mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    c.       Siswa memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas
    d.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    e.       Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    f.       Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    g.      Siswa membuat kalimat sederhana  yang tepat untuk setiap gambar.
    h.      Siswa mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa  Indonesia, IPS)
    Eksplorasi
    a.       Siswa memperhatikan guru cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan teks percakapan sederhana.
    Elaborasi
    a.       Siswa melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
    b.      Siswa melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
    c.       Siswa menari sesuai dengan tepuk dan irama.
    d.      Siswa merlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
    e.       Siswa mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
    f.       Siswa melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
    g.      Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
    h.      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
    i.        Siswa memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
    j.        Siswa melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
    k.      Siswa menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
    l.        Siswa menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
    m.    Siswa menggambar peralatan kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.
    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Minggu ke 2
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
    a.       Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
    Elaborasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup manusia.
    b.      Siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa secar kelompok.
    c.       Siswa melaporkan hasil diskusi.
    d.      Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
    e.       Siswa menyebutkan Manfaat patuh terhadap peraturan di rumah.
    f.       Siswa menyebutkan manfaat patuh terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
    g.      Siswa mencatat beberapa manfaat dari mematuhi peraturan.
    h.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    i.        Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    j.        Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan teks percakapan sederhana.
    Elaborasi
    a.       Siswa berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
    b.      Siswa mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
    c.       Siswa melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
    d.      Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
    e.       Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
    f.       Siswa memberikan tanggapan positif bagi siswa lain yang melakukan percakapan dengan baik.
    g.      Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan di dalam  rumah dan halaman rumah.
    h.      Siswa menyebutkan bagian –bagian luar   rumah yang harus sering dibersihkan.
    i.        Siswa menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
    j.        Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    k.      Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    l.        Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    m.    Siswa menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.


    Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika  )
    Eksplorasi
    a.       Melalui pengamatan pada model siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
    Elaborasi
    a.       Siswa bisa membandingkan kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim kemarau.
    b.      Menuliskan kegiatan siswa pada musim hujan dan kemarau.
    c.       Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
    d.      Siswa dapat menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut disukai.
    e.       Guru bertanya jawab tentang kesukaan  yang diminati siswa.
    f.       Guru  menuliskan tentang kesukaan yang diminati siswa.
    g.      Siswa menyatakan kalimat suka atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
    h.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    i.        Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    j.        Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    k.      Siswa menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (  B Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
    Elaborasi
    a.       Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
    b.      Siswa menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut tidak disukai.
    c.       Bertanya jawab tentang benda / kegiatan yang tidak disukai.
    d.      Siswa membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    e.       Siswa mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
    f.       Siswa menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
    g.      Siswa dapat menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan




    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Guru melakukan permainan untuk melatih kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    b.      Siswa membuat gambar bangun datar segitiga berbagai ukuran dengan bentuk yang benar.
    Elaborasi
    a.       Guru memberi warna atau tempelan kertas warna yang menarik.
    b.      Guru memajang hasil karya di depan kelas.
    c.       Guru memberikan tanggapan positif terhadap karya siswa lain.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Guru memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
    b.      Siswa mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.
    Elaborasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
    b.      Siswa menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
    c.       Siswa menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karena lingkungan rumah yang tidak bersih.
    d.      Menciptakan gerakan tarian secara perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
    e.       Siswa menampilkan gerakan tarian pendek secara perorangan.
    d.      Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
    e.       Guru melakukan pembagian peran untuk tiap kelompok.
    f.       Siswa bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
    g.      Siswa menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
    h.      Guru memberikan tanggapan positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

    Minggu ke 3
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
    a.       Siswa mengumpulkan informasi dari koran tentang bencana yang ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.
    Elaborasi
    a.       Siswa menyebutkan peristiwa yang terjadi akibat dari musim hujan dan musim kemarau.
    b.      Siswa menyebutkan usaha /kegiatan yang dapat mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim hujan atau musim kemarau.
    c.       Melalui tanya jawab, siswa menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
    d.      Siswa menyebutkan akibat tidak patuh pada pereturan di rumah.
    e.       Siswa menyebutkan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
    f.       Siswa mengerjakan tugas/ mengisi latihan soal.
    g.      Siswa menyelidiki berbagai bangun datar dengan cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
    h.      Siswa membuat jiplakan pada garis putus-putus, kemudian menghubungkannya agar membentuk bangun datar.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Siswa memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
    b.      Siswa membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
    c.       Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat
    d.      Guru menjelaskan bahwa tanda titik biasa dipakai pada kalimat berita
    Elaborasi
    a.       Guru memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
    b.      Siswa  membacakan sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
    c.       Menggunkan tanda baca titik, tanda tanya, pada kalimat sederhana
    d.      Guru menerangkan bahwa tanda tanya biasa disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
    e.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
    f.       Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
    g.      Siswa dapat menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
    h.      Siswa dapat menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
    i.        Siswa dapat membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
    j.        Siswa dapat memberi warna yang menarik.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada musim kemarau dan pada musim hujuan.
    Elaborasi
    a.       Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara berkelompok.
    b.      Siswa dapat melaporkan hasil diskusi.
    c.       Siswa dapat memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
    d.      Siswa dapat membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
    e.       Siswa dapat membaca penggalan cerita  dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
    f.       Siswa dapat membaca penggalan cerita secara  klasikal, kelompok, maupun individual
    g.      Memperhatikan berbagai bentuk bangun datar  yang diperlihatkan guru.
    h.      Siswa dapat menyebutkan kelompok bangun datar yang termasuk segitiga
    i.        Siswa dapat menuliskan kelompok bangun datar yang termasuk segiempat.
    i.        Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara individual.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (B. Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
    a.       Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya           ( sesuai tema )
    Elaborasi
    a.       Siswa dapat mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
    b.      Siswa dapat membaca wacana  dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat.
    c.       Siswa dapat membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
    d.      Siswa dapat menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga  membentuk bangun datar menggunakan penggaris.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa  Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Siswa dapat memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada  papan tulis
    b.      Siswa dapat mewarnai gambar bangun datar yang termasuk segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna biru, dan lingkaran dengan warna kuning.
    Elaborasi
    a.       Menyusun dan menggabungkan beberapa bangun datar menjadi sebuah bentuk binatang atau benda lain.
    b.      Siswa dapat menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
    c.       Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung  yang benar dengan memperhatikan  huruf kapital yang tepat.
    d.      Siswa dapat menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
    e.       Siswa dapat berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf  lepas dengan bentuk huruf yang benar.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  4 x  35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
    Eksplorasi
    a.       Siswa dapat menyimak  kalimat yang didiktekan guru
    Elaborasi
    a.       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar  rumah.
    b.      Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan  rumah.
    c.       Siswa dapat menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
    d.      Siswa dapat memeragakan gerakan tarian karya sendiri ( kelompok) di depan kelompok lain.
    e.       Siswa dapat memperagakan suatu tarian  yang sudah dipelajari secara berkelompok.
    f.       Siswa dapat menampilkan tarian diiringi musik atau nyanyian.
    g.      Siswa dapat menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
    h.      Siswa dapat membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika ada kesalahan.
    Konfirmasi
    a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.      Kegiatan akhir
    Dalam kegiatan akhir, guru:
    a.       Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
    b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
    c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
    d.      Siswa mengerjakan post tes
    e.       Pemberian PR / tugas


    H.    Alat dan Sumber Belajar
    Buku Sumber:
    1.      Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    2.      Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    3.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    4.      Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    5.      Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

    6.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    7.      Buku Sekolah Elektronik yang relevan

    Alat Peraga  :
    1.      Gambar rumah sehat dan tidak sehat.
    2.       Gambar bangun datar
    3.      Guntingan karton yang berbentuk segitga, segiempat, lingkaran.
    4.      Gambar peristiwa banjir dan kekeringan

    I.       Penilaian
    Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

    Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

    Indikator Pencapaian Kompetensi

    Penilaian


    Teknik

    Bentuk Instrumen

    Contoh Instrumen
    Disiplin,
    Kerja keras
    Kreatif,
    Demokratif
    Rasa Ingin tahu,
    Cinta tanah air,
    Bersahabat,
    Menghargai prestasi,
    Gemar membaca,
    Peduli lingkungan,
    Peduli sosial,
    Tanggung jawab.
    1.      IPS :
    2.3.2 Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
    2.3.1 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
    2.      IPA :
    5.3.4 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
    5.3.1 Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
    5.3.3Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
    5.3.2 Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
    3.      PKn :
    4.2.1        Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
    4.2.2        Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
    4.      Matematika :
    6.1.4        Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
    6.1.1        Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
    6.1.3        Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
    6.1.2        Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
    5.      Bahasa Indonesia :
    5.2.1 Menyebutkan tokoh dalam dongeng
    6.1.1 Menyebutkan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
    7.1.1 Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    8.1.1 Menuliskan tegak kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegakbersambung
    8.1.2Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung
    5.2.4 Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
     6.1.3 Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
    7.1.3Mendemonstrasikan kalimat yang dibaca dengan intonasi yang tepat
    8.1.4 Mengoreksi tulisan tegak bersambung dengan  benar dan teliti


    6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
    7.1.1     Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
    7.1.2     Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
    7.1.3     Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
    Melakukan tarian pendek secara perorangan.
    7.1.4 Memperagakan tarian pendek secara kelompok
    Tes Lisan dan Tes Tulisan
    Uraian
    Isian
    1.      IPS :
    a.       Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah !
    b.      Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan!
    2.      IPA:
    a.         Ceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan!
    b.        Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau!
    c.         Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia!

    d.        Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau!

    3.      PKN
    a.       Sebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat!
    b.      Jelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
    4.      Matematika:
    a.       Tunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran!
    b.      Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya!
    c.       Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran!
    d.      Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya!
    5.      Bahasa Indonesia:
    a.       Sebutkan tokoh dalam dongeng!
    b.      Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng!
    c.       Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah ......
    d.      Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri!
    e.       Buatkanlah  kalimat berdasarkan gambar secara lisan!
    f.       Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru!
    g.      Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan!
    h.      Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.......
    i.        Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya!
    j.        Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat!
    k.      Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang!
    l.        Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar!
    m.    Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya!
    n.      Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu!
    o.      Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung!
    p.      Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.

    6.      Seni Budaya dan Keterampilan:
    a.       Tunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik!
    b.      Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan!
    c.       Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian!
    d.      Lakukanlah tarian pendek secara peroranga!
    e.       Peragakanlah tarian pendek secara kelompok!
    f.       LKS
    g.      Lmbar observasi.



    J.      Kriteria Penilaian
    1.      Produk ( Hasil Diskusi )
    No
    Aspek
    Kriteria
    Skor

    1

    Konsep
    a.       semua benar
    b.      sebagian besar benar
    c.       sebagian kecil benar
    d.      semua salah
    4
    3
    2
    1

    2.      Performansi
    No
    Aspek
    Kriteria
    Skor

    1



    2

    Kerjasama



    Partisipasi
    a.       bekerjasama
    b.      kadang-kadang kerjasama
    c.       tidak bekerjasama
    a.    aktif  berpartisipas
    b.    kadang-kadang aktif
    c.       tidak aktif
    4
    2
    1


    4
    2
    1


    3.      Lembar Penilaian

    No
    Nama Siswa
    Performan

    Produk
    Jumlag Skor

    Nilai
    Kerjasama
    partisipasi
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10







    Catatan :
    Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10



    Mengetahui                                                               Mengetahui                
    Kepala Sekolah SD/MI …….                                   Guru Tematik Kelas I

                                                                                     
                                                                                      ( ………………..………… )
    ( ………………..………… )
    NIP/NIK : …………………                                                NIP/NIK : …………………
    Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10



    Mengetahui                                                               Mengetahui                
    Kepala Sekolah SD/MI …….                                   Guru Tematik Kelas I

                                                                                     
                                                                                      ( ………………..………… )
    ( ………………..………… )

    NIP/NIK : …………………                                                NIP/NIK : …………………

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Desain Interior - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -