• Macam-macam Media Pembeajaran IPA di SD

    Media pembelajaran  IPA dapat bersifat alami dan buatan. Media pembelajaran alami merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan benda aslinya di alam.Media pembelajaran buatan merupakan media pembelajaran hasil modfikasi atau meniru benda aslinya. Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu membelajarkan siswa SD dalam belajar IPA, antara lain :
    1.      Benda-benda konkrit (nyata)
    Benda-benda konkrit adalah benda apa adanya atau benda asli tanpa perubahan. Dengan menggunakan benda konkrit kualitas pembelajaran IPA siswa akan meningkatkan karena siswa tidak hanya belajar produk IPA tapi juga memperoleh pengetahuan IPA melalui keterampilan proses sains.
    Contoh media benda konkrit adalah rangkaian listrik, makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan, peasawat sedehana, benda padat seperti batu, benda cair seperti air dan benda gas seperti asap.
       Hasil gambar untuk media pembelajaran ipaHasil gambar untuk media pembelajaran ipa
    2.      Lingkungan alam
    Untuk mengenalkan lingkungan alam, siswa dibawa ke tempat di mana objek yang akan dipelajari berada atau hidup. Metode belajar seprti ini sering di sebut metode karyawisata. Misalnya siswa dibawa ke kebun sekolah untuk mengamati bagian-bagian tumbuhan atau gerakan air di parit untuk mengamati pengaruh gaya gravitasi terhadap benda-benda di bumi.
    3.      Kit IPA
    Perangkat IPA ini terdapat di dalam suatu peti. Peti ini berisi alat bantu belajar IPA yang sering dijumpai di dalam sebuah laboratorium. Alat-alat laboraturium ini dapat digunakan oleh guru untuk didemonstrasikan atau dikerjakan sendiri oleh siswa.Contohnya adalah gelas labu, tabung reaksi, corong, tetes obat,dll.
    Hasil gambar untuk media pembelajaran ipa
     
    4.      Charta, slide film, dan film
    Charta dan slide film dapat membantu guru dalam membelajarkan siswa tentang benda atau makhluk hidup yang jauh dari lingkungan siswa. Film dapat membantu siswa untuk mengetahui berbagai ekosistem dunia seperti padang rumput, padang pasir dan sebagainya yang letaknya jauh dari lingkungan sekitar siswa.Contoh lainnya adalah film-film binatang diseluruh dunia, tumbuhan, dan lingkungannya.
    5.      Film animasi
    Film animasi adalah alat bantu visualisasi tentang konsep-konsep tersebut guna mempermudah siswa dalam mempelajarinya. Alat bantu ini jika yang dipelajari sulit diamati dengan penglihatan dan objek yang diteliti sangatlah kecil.Film animasi tentang peredaran darah atau proses pencernaan makanan dapat lebih mudah dipahami siswa dibandingkan bila konsep-konsep tersebut diinformasikan kepada siswa dengan menggunakan metode ceramah. Peredaran darah dan proses pencernaan makanan merupakan konsep yang bersifat abstrak, sehingga film animasi dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep-konsep tersebut.Contohnya adalah film animasi tentang peredaran darah, proses pencernaan makanan, proses pembuatan enegi, proses pembuatan DNA, dll

       
    6.      Model
    Model adalah gambaran yang berupa bentuk asli yang berupa benda tiga dimensi yang dapat dioperasikan oleh siswa agar mengetahui cara kerjanya dan mempermudah dalam memahami pembelajaran. Misalnya model paru-paru yang dapat dioperasikan oleh siswa agar memahami cara kerja paru-paru manusia dan apa yang menyebabkan paru-paru mengembang dan mengempis.
     
    7.      Torso
    Torso adalah model yang tidak asli berupa potongan tubuh manusia yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari anatomi tubuh manusia.Torso ini terbuat dari bahan selain logam yang tidakberbahaya bagi siswa dalam penggunaannya.
    Gambar organ pencernaan manusia
    Hasil gambar untuk media pembelajaran ipa
                         
    8.      Globe
    Globe atau bola dunia adalah sejenis peta.Pada globe terdapat pembagian lautan dan daratan serta dapat diputarkan seperti bumi.Globe sering digunakan untuk membantu siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) seperti letak suatu tempat di bumi, gerhana bulan dan gerhana matahari.
    Hasil gambar untuk GAMBAR GLOBE
    9.      Infocusdan reflector
    Peralatan ini mempunyai banyak fungsi.Infocus dapat digunakan untuk memperbesar gambar dan transparant atau buku dan menjadi kamera yang dapat menggambarkan suasana dalam kelas.Dengan infocus guru dapat mempertunjukan segala sesuatu yang terdapat pada layar computer atau videodisc ke layar lebar.
     
    10.  Komputer
    Komputer yang dihubungkan dengan kabel telepon dapat digunakan oleh para siswa untuk mencari informasi melalui jaringan networking atau lebih dikenal dengan nama internet. Melalui internet para siswa dan guru dapat mencari bahan dan pengetahuan sains dari seluruh Indonesia bahkan hingga luar Indonesia.Internet dapat memberikan banyak informasi dan mendorong meningkatkan keterampilan berfikir siswa melalui informasi-informasi yang diperoleh. Bahkan dengan fasilitas internet ini para siswa dapat saling bertukar informasi melalui email atau surat elektronik dari seluruh dunia.
     
    11.  Mikroskop
    Mikroskop digunakan untuk mengamati objek-objek yang tidak teramati dengan mata telanjang.Mikroskop biasanya untuk melihat sel-sel tumbuhan maupun hewan.
    Hasil gambar untuk MIKROSKOP DAN KACA PEMBESAR
    12. Kaca pembesar
    Kaca pembesar untuk melihat benda-benda yang kurang jelas bila dilihat dengan mata telanjang seperti serbuk sari bunga dan spora.
    Hasil gambar untuk MIKROSKOP DAN KACA PEMBESAR

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Desain Interior - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -