Macam-macam Media Pembeajaran IPA di SD
Media
pembelajaran IPA dapat bersifat alami
dan buatan. Media pembelajaran alami merupakan media pembelajaran yang sesuai
dengan benda aslinya di alam.Media pembelajaran buatan merupakan media
pembelajaran hasil modfikasi atau meniru benda aslinya. Media pembelajaran yang dapat
digunakan untuk membantu membelajarkan siswa SD dalam belajar IPA, antara lain :
1. Benda-benda
konkrit (nyata)
Benda-benda konkrit adalah benda apa adanya atau benda
asli tanpa perubahan. Dengan menggunakan benda konkrit kualitas pembelajaran
IPA siswa akan meningkatkan karena siswa tidak hanya belajar produk IPA tapi
juga memperoleh pengetahuan IPA melalui keterampilan proses sains.
Contoh media benda konkrit adalah rangkaian listrik,
makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan, peasawat sedehana, benda padat
seperti batu, benda cair seperti air dan benda gas seperti asap.
2. Lingkungan
alam
Untuk mengenalkan lingkungan alam, siswa dibawa ke
tempat di mana objek yang akan dipelajari berada atau hidup. Metode belajar
seprti ini sering di sebut metode karyawisata. Misalnya siswa dibawa ke kebun
sekolah untuk mengamati bagian-bagian tumbuhan atau gerakan air di parit untuk
mengamati pengaruh gaya gravitasi terhadap benda-benda di bumi.
3. Kit
IPA
Perangkat IPA ini terdapat di dalam suatu peti. Peti
ini berisi alat bantu belajar IPA yang sering dijumpai di dalam sebuah
laboratorium. Alat-alat laboraturium ini dapat digunakan oleh guru untuk
didemonstrasikan atau dikerjakan sendiri oleh siswa.Contohnya adalah gelas
labu, tabung reaksi, corong, tetes obat,dll.
4. Charta,
slide film, dan film
Charta dan slide film dapat membantu guru dalam
membelajarkan siswa tentang benda atau makhluk hidup yang jauh dari lingkungan
siswa. Film dapat membantu siswa untuk mengetahui berbagai ekosistem dunia
seperti padang rumput, padang pasir dan sebagainya yang letaknya jauh dari
lingkungan sekitar siswa.Contoh lainnya adalah film-film binatang
diseluruh dunia, tumbuhan, dan lingkungannya.
5. Film
animasi
Film animasi adalah alat bantu visualisasi
tentang konsep-konsep tersebut guna mempermudah siswa dalam mempelajarinya.
Alat bantu ini jika yang dipelajari sulit diamati dengan penglihatan dan objek
yang diteliti sangatlah kecil.Film animasi tentang peredaran darah atau
proses pencernaan makanan dapat lebih mudah dipahami siswa dibandingkan bila
konsep-konsep tersebut diinformasikan kepada siswa dengan menggunakan metode
ceramah. Peredaran darah dan proses pencernaan makanan merupakan konsep yang
bersifat abstrak, sehingga film animasi dapat membantu siswa untuk
memvisualisasikan konsep-konsep tersebut.Contohnya adalah film animasi tentang
peredaran darah, proses pencernaan makanan, proses pembuatan enegi, proses
pembuatan DNA, dll
6. Model
Model adalah gambaran yang berupa bentuk asli yang
berupa benda tiga dimensi yang dapat dioperasikan oleh siswa agar mengetahui
cara kerjanya dan mempermudah dalam memahami pembelajaran. Misalnya model
paru-paru yang dapat dioperasikan oleh siswa agar memahami cara kerja paru-paru
manusia dan apa yang menyebabkan paru-paru mengembang dan mengempis.
7. Torso
Torso adalah model yang tidak asli berupa potongan
tubuh manusia yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari anatomi
tubuh manusia.Torso ini terbuat dari bahan selain logam yang tidakberbahaya
bagi siswa dalam penggunaannya.
Gambar
organ pencernaan manusia
|
8. Globe
Globe atau bola dunia adalah sejenis peta.Pada globe
terdapat pembagian lautan dan daratan serta dapat diputarkan seperti bumi.Globe
sering digunakan untuk membantu siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Bumi dan
Antariksa (IPBA) seperti letak suatu tempat di bumi, gerhana bulan dan gerhana
matahari.
9. Infocusdan reflector
Peralatan ini mempunyai banyak fungsi.Infocus dapat
digunakan untuk memperbesar gambar dan transparant atau buku dan menjadi kamera
yang dapat menggambarkan suasana dalam kelas.Dengan infocus guru dapat
mempertunjukan segala sesuatu yang terdapat pada layar computer atau videodisc
ke layar lebar.
10. Komputer
Komputer yang dihubungkan dengan kabel telepon dapat
digunakan oleh para siswa untuk mencari informasi melalui jaringan networking
atau lebih dikenal dengan nama internet. Melalui internet para siswa dan guru
dapat mencari bahan dan pengetahuan sains dari seluruh Indonesia bahkan hingga
luar Indonesia.Internet dapat memberikan banyak informasi dan mendorong
meningkatkan keterampilan berfikir siswa melalui informasi-informasi yang
diperoleh. Bahkan dengan fasilitas internet ini para siswa dapat saling
bertukar informasi melalui email atau surat elektronik dari seluruh dunia.
11. Mikroskop
Mikroskop digunakan untuk mengamati
objek-objek yang tidak teramati dengan mata telanjang.Mikroskop biasanya untuk melihat sel-sel tumbuhan
maupun hewan.
|
12. Kaca pembesar
Kaca pembesar
untuk melihat benda-benda yang kurang jelas bila dilihat dengan mata telanjang
seperti serbuk sari bunga dan spora.
|